Nurazizah, Rufaidah (2022) Gambaran Self-directed learning pada Pembelajaran Daring Mahasiswa S1 Keperawatan. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
Rufaidah-Nurazizah_22020117140007-1-4.pdf Download (281kB) |
|
Text
Rufaidah-Nurazizah_22020117140007-15-16.pdf Download (189kB) |
|
Text
Rufaidah-Nurazizah_22020117140007-17-23.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
|
Text
Rufaidah-Nurazizah_22020117140007-24-41.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
|
Text
Rufaidah-Nurazizah_22020117140007-42-58.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
Text
Rufaidah-Nurazizah_22020117140007-59-68.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
|
Text
Rufaidah-Nurazizah_22020117140007-69-83.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
|
Text
Rufaidah-Nurazizah_22020117140007-84-93.pdf Download (437kB) |
|
Text
Rufaidah-Nurazizah_22020117140007-94-134.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran daring di Indonesia sudah dilaksanakan dalam kurun waktu satu
tahun. Pembelajaran daring diharapkan mampu meningkatkan kemadirian belajar.
Namun pada pelaksanaannya, selama pembelajaran daring mahasiswa tidak
mengisi waktu luangnya untuk belajar mengulang materi yang telah diberikan.
Penelitian terkait dengan self-directed learning pada pembelajaran daring sudah
pernah dilakukan sebelumnya, namun pada mahasiswa keperawatan masih belum
banyak diteliti. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan self�directed learning (SDL) pada mahasiswa S1 Keperawatan di salah satu perguruan
tinggi negeri yang melaksanakan pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan
studi kuantitatif dengan menggunakan analisa deskriptif. Sampel pada penelitian
ini menggunakan teknik sampling quota sampling dengan total keseluruhan
sampel sebanyak 283 mahasiswa. Pengambilan data dilakukan menggunakan
kuesioner Self-directed learning readiness for nursing education (SDLR-NE),
yang kemudian dianalisis dengan mencari nilai tendensi sentral. Hasil penelitian
didapatkan bahwa mahasiswa S1 Keperawatan sudah memiliki kemampuan self�directed learning (SDL) yang baik dengan hasil score 155,08, masing-masing
dimensi memiliki score self-management 47,53, desire for learning 48,50, dan
self-control 59,05. Berdasarkan hasil penelitian, mahasiswa S1 keperawatan harus
meningkatkan management diri untuk mengembangkan kemampuan self-directed
learning (SDL).
Kata Kunci : self-directed learning (SDL), Mahasiswa Keperawatan,
Pembelajaran Daring
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Nursing |
Depositing User: | Nisnaeni_ N_ Keperawatan_FK |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 04:04 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 04:04 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11223 |
Actions (login required)
View Item |