Search for collections on Undip Repository

Dampak Kemitraan Created Share Value PT. Great Giant Livestock terhadap Pendapatan Peternak Kelompok Limousin Desa Astomulyo Lampung Tengah

Fitri, Aisyah Nisa'ul (2022) Dampak Kemitraan Created Share Value PT. Great Giant Livestock terhadap Pendapatan Peternak Kelompok Limousin Desa Astomulyo Lampung Tengah. Undergraduate thesis, Program Studi S1 Agribisnis Departemen Pertanian.

[img] Text
Cover Skripsi Aisyah Nisa'ul Fitri.pdf

Download (236kB)

Abstract

PT. Great Giant Livestock (PT. GGL) dalam upaya memenuhi tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan menerapkan kemitraan dengan konsep Created Share Value (CSV). Penelitian dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kemitraan dan menganalisis dampak kemitraan CSV yang dilaksanakan PT. GGL terhadap pendapatan peternak sapi potong di Kelompok Limousin. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kelompok Limousin yang terletak di Desa Astomulyo, Kabupaten Lampung Tengah. Pemilihan lokasi ditentukan secara purposive sampling dengan pertimbangan bahwa Kelompok Limousin merupakan kelompok mitra dari PT. GGL yang telah memiliki nomor registrasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu studi kasus. Teknik penentuan responden berupa non-probability sampling menggunakan sampling jenuh pada Kelompok Limousin sebanyak 60 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan instrumen kuesioner serta observasi. Metode analisis dilakukan secara deskriptif dan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis deskriptif yang diperoleh adalah pelaksanaan kemitraan yang dilakukan oleh PT. GGL di Kelompok Limousin dengan sistem swadana, dimana peternak membeli sendiri bakalan sapi potong. Pelaksanaan kemitraan CSV yang dilakukan PT. GGL memberikan dampak positif ditunjukkan melalui peningkatan pendapatan peternak Kelompok Limousin. Rata-rata pendapatan peternak Rp. 16.000.000/tahun. Perencanaan dan pelaksanaan kemitraan berada pada kategori baik. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa pelaksanaan kemitraan secara parsial berpengaruh terhadap dampak kemitraan. Perencanaan dan pelaksanaan kemitraan mempengaruhi pendapatan sebesar 20,2%. Hal tersebut menunjukkan bahwa variable bebas yang digunakan dalam penelitian berpengaruh secara lemah terhadap variable terikat.

Kata kunci : dampak, kemitraan, pelaksanaan, perencanaan, peternak sapi potong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:54
Last Modified: 21 Mar 2023 02:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11176

Actions (login required)

View Item View Item