Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH PRIORITAS BANK BRI ATAS TINDAKAN FRAUD DALAM LAYANAN PICK UP SERVICE_156 PDT 2022

Lorensa, Shella Amilia and Prananingtyas, Paramita and Sarono, Agus (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH PRIORITAS BANK BRI ATAS TINDAKAN FRAUD DALAM LAYANAN PICK UP SERVICE_156 PDT 2022. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bank sebagai lembaga jasa keuangan dalam menjamin keberlangsungan kegiatan usahanya bergantung pada pelayanan yang diberikan untuk menjaga nilai kepercayaan nasabahnya. Bank dalam menjalankan kegiatan usaha tidak
selamanya berjalan dengan lancar, tentu ada hambatan-hambatan yang dimungkinkan dapat terjadi pada pelaksanaan layanan yang diberikan bank kepada nasabah, salah satu hambatannya yaitu tindakan fraud. Fraud merupakan tindakan
penyimpangan atau penyalahgunaan yang dilakukan oleh pegawai bank untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Salah satu layanan Bank yang dapat menimbulkan tindakan fraud yaitu layanan pick up service. Terjadinya tindakan fraud dalam layanan pick up service menyebabkan suatu kerugian yang dialami oleh nasabah. Melihat adanya suatu kerugian yang dialami oleh nasabah dalam layanan yang diberikan oleh bank, maka bank berkewajiban untuk memberikan tanggung jawab kepada nasabahnya. Penelitian hukum ini bertujuan untuk
mengetahui upaya penyelesaian masalah yang seharusnya dilakukan atas tindakan fraud dalam layanan pick up service pada nasabah prioritas yang dilakukan oleh pegawai bank dan untuk mengetahui perlindungan hukum yang diberikan kepada
nasabah prioritas atas terjadinya fraud pada layanan pick up service yang dilakukan oleh pegawai bank. Pendekatan secara yuridis empiris merupakan metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini serta spesifikasi penelitian dengan cara deskriptif analitis yang digunakan. Sumber dan jenis data yang digunakan adalah data primer yang diambil secara empiris dan data sekunder melalui kepustakaan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dengan studi kepustakaan serta bahan internet yang kemudian data yang telah dikumpulkan tersebut diolah dengan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank BRI KCP Tayu dalam memberikan upaya penyelesaian atas tindakan fraud dalam layanan pick up service pada nasabah prioritas diselesaikan melalui pihak internal bank yang berdasarkan adanya pengaduan dari nasabah. Kemudian perlindungan hukum yang diberikan kepada nasabah baik secara preventif maupun secara represif telah berjalan secara efektif. Pihak Bank memberikan perlindungan hukum melalui penerapan strategi anti fraud dan manajemen resiko di setiap layanannya.
Kata Kunci: Bank, Pick up service, Fraud

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:55
Last Modified: 22 Mar 2024 02:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11161

Actions (login required)

View Item View Item