Search for collections on Undip Repository

PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PIZZA HUT DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Pizza Hut Buaran Plaza Jakarta)

Perwata, Bartolomeus Adhika Bayu (2022) PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PIZZA HUT DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Pizza Hut Buaran Plaza Jakarta). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover - Daftar Tabel.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)

Abstract

Sektor industri kuliner, atau food & beverages, setiap tahunnya akan selalu mengalami perubahan dari segi produk maupun pemasarannya hingga dapat meraih pangsa pasar yang luas. Masa pandemi yang dialami Pizza Hut dan sektor industru lainnya memaksa pelaku bisnis tersebut untuk melakukan pembaharuan dari segi produk maupun pemasaran. Melakukan diferensiasi terhadap produk yang ditawarkan kepada konsumen dan memperluas pangsa pasar dengan teknik pemasaran perusahaan menjadi salah satu langkah untuk bertahan dimasa pandemi. Untuk dapat bertahan di dalam masa pandemi adalah dengan memiliki Keputusan embelian yang tinggi. Keputusan pembelian yang tinggi dapat dipengaruhi oleh diferensiasi produk yang baik, social media marketing yang baik dan minat beli yang tinggi. Pada kenyataannya, tidak semua usaha kuliner memiliki tingkat keputusan pembelian yang tinggi termasuk Pizza Hut. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara diferensiasi produk dan social media marketing melalui minat beli terhadap keputusan pembelian Pizza Hut. Tipe Penelitan menggunakan Explanatory Research dan menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Pada penelitian ini menggunakan 100 konsumen yang sudah pernah melakukan pembelian produk apapun di Pizza Hut. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t, dan analisis jalur dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian yang sudah dilakukan mendapatkan adanya pengaruh positif dan signifikan dan juga positif dan tidak signifikan dari masing – masing variabel yaitu diferensiasi produk dan social media marketing terhadap keputusan pembelian, juga minat beli. Variabel minat beli turut berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Hasil uji analisis jalur menunjukkan bahwa diferensiasi produk secara tidak langsung, signifikan mempengaruhi keputusan pembelian, melalui minat beli, dan social media marekting secara tidak langsung, signifikan mempengaruhi keputusan pembelian, melalui minat beli.

Kata Kunci: diferensiasi produk, social media marketing, minat beli, keputusan pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 12 Sep 2023 07:08
Last Modified: 06 Jun 2024 04:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11149

Actions (login required)

View Item View Item