Search for collections on Undip Repository

PEMBATALAN PERKAWINAN KARENA ADANYA WALI NIKAH YANG TIDAK SAH_03 PDT 2022

Sasmita, Veronika Devi and Yunanto, Yunanto and Widanarti, Herni (2022) PEMBATALAN PERKAWINAN KARENA ADANYA WALI NIKAH YANG TIDAK SAH_03 PDT 2022. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkawinan dapat dilakukan pembatalan karena adanya syarat yang tidak terpenuhi dalam melangsungkan perkawinan. Salah satunya ialah wali nikah yang tidak sah atau wali tidak berhak. Pembatalan perkawinan yang dikarenakan keluarnya putusan pengadilan dapat terjadi apabila ada pihak yang mengajukan permohonan atau gugatan pembatalan perkawinan di Pengadilan. Untuk mengetahui prosedur dan juga akibat hukum mengenai pembatalan perkawinan lebih dalam lagi dilakukan pengkajian mengenai pembatalan perkawinan karena adanya wali nikah yang tidak sah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis prosedur pembatalan perkawinan dalam praktek di Pengadilan Agama serta akibat hukum pembatalan perkawinan karena adanya wali nikah yang tidak sah. Penelitian disertai contoh kasus terkait. Metode yang digunakan ialah pendekatan yuridis empiris dimana ada perpaduan dari bahan peraturan hukum yang ada serta hasil dari apa yang didapat dalam penelitian di lapangan. Hukum akan dilihat implementasinya terhadap peristiwa nyata supaya selanjutnya dapat didapatkan data yang sesuai fakta. Setelah data terkumpul barulah dilaksanakan identifikasi masalah sehingga menuju pada penyelesaian masalah juga kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pembatalan perkawinan dalam prakteknya di Pengadilan Agama semua dilaksanakan sesuai dengan tata cara pengajuan gugatan perceraian. Teruntuk akibat hukum dari pasangan suami isteri yang perkawinannya batal ialah perkawinan teranggap tidak pernah ada. Batalnya perkawinan berakibat pada ikatan perkawinan yang sebelumnya ada menjadi putus. Maka perkawinan tersebut teranggap tidak ada bahkan tidak pernah ada. Pembatalan perkawinan juga menimbulkan akibat hukum terhadap berbagai macam hal seperti akibat hukum yang dapat terjadi terhadap harta, anak serta kewajiban nafkah.

Kata kunci : Akibat Hukum, Pembatalan Perkawinan, Prosedur, Wali Nikah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:10
Last Modified: 09 Nov 2023 02:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11056

Actions (login required)

View Item View Item