Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI PROGRAM BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM UPAYA PENGELOLAAN POTENSI DESA (STUDI KASUS BUMDES MARGO SEJAHTERA DESA MARGOMULYO KECAMATAN JUWANA KABUPATEN PATI) 51adpub2022

FAJRIATI, ALYA (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM UPAYA PENGELOLAAN POTENSI DESA (STUDI KASUS BUMDES MARGO SEJAHTERA DESA MARGOMULYO KECAMATAN JUWANA KABUPATEN PATI) 51adpub2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER (1).pdf - Published Version

Download (668kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (675kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (469kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa serta kesejahteraan masyarakat desa dengan memanfaatkan asset dan potensi desa. Penelitian ini membahas tentang implementasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam upaya pengelolaan potensi desa di desa Margomulyo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Penelitian ini bertujuan (a) untuk menganalisis implementasi program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Margomulyo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati dalam upaya pengelolaan potensi desa; (b) untuk menganalisis hambatan dalam implementasi program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam upaya pengelolaan potensi desa yang ada di Desa Margomulyo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Selain itu, peneliti berusaha menggambarkan fenomena penelitian secara mendalam menggunakan data primer dan sekunder. Teori yang digunakan adalah teori implementasi Van Horn dan Van Meter. Hasil penelitian ini adalah implementasi program BUMDes di desa Margomulyo dalam upaya pengelolaan potensi desa masih belum terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan unit usaha BUMDes belum mampu memberikan dampak dalam peningkatan Pendapatan Asli Desa (PAD). Adapun faktor penghambat implementasi program BUMDes di desa Margomulyo ini adalah kurangkanya kesiapan pemerintah desa dan pengelola BUMDes karena pembentukan BUMDes Margomulyo bukan atas dasar kebutuhan masyarakat desa, namun adanya sedikit paksaan dari pemerintah kabupaten. Dengan segala keterbatasan, BUMDes Margomulyo belum mampu mendirikan unit usaha dengan memanfaatkan potensi desa dan hanya mampu mendirikan satu unit usaha yakni penjualan air minum kemasan. Kualitas sumber daya manusia yang masih standar ditambah modal yang jumlahnya minim belum mampu mengembangkan unit usaha BUMDes. selain itu, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat mengakibatkan program BUMDes di desa Margomulyo ini juga tidak mendapatkan dukungan dari masyarakat. Sehingga implementasi program BUMDes di desa Margomulyo ini tidak terlaksana dengan baik.
Kata Kunci : Implementasi, BUMDes, Potensi desa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:21
Last Modified: 19 Sep 2023 03:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11051

Actions (login required)

View Item View Item