Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PERCEIVED QUALITY DAN BRAND EXPERIENCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR YAMAHA MIO (Studi Pada Yamaha Flagship Shop (FSS) Kota Semarang) 57adbis2022

Gumilang, Pascal Bohdan (2022) PENGARUH PERCEIVED QUALITY DAN BRAND EXPERIENCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR YAMAHA MIO (Studi Pada Yamaha Flagship Shop (FSS) Kota Semarang) 57adbis2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover_Pascaal Bohdan Gumilang.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text
Bab I_Pascal Bohdan Gumilang_14030118130088.pdf - Published Version

Download (547kB)
[img] Text
Bab II_Pascal Bohdan Gumilang_14030118130088.pdf - Published Version

Download (545kB)
[img] Text
Bab III_Pascal Bohdan Gumilang.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Text
BAB IV _Pascal Bohdan Gumilang.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Pascal Bohdan Gumilang.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text
Lampiran_Pascal Bohdan Gumilang.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)

Abstract

Yamaha Mio merupakan salah produk dari Yamaha yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Setiap brand memerlukan adanya elemen seperti persepsi kualitas dan pengalaman merek agar dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan survei top brand mengenai produk terbaik dikelasnya (motor matic) Yamaha mio masih kalah dengan kompetitornya yaitu Honda beat dan honda Vario. Dari data tersebut menunjukan jika pengalaman konsumen terhadap yamaha mio tergolong masih kurang baik dibandingkan dengan produk kompetitornya. Selain itu, masih terdapat beberapa keluhan konsumen mengenai kualitas dari yamaha mio seperti lampu yang kurang terang,bensin yang sedikit boros,dan bantingan suspensi yang keras. Padahal perceived quality dapat tercapai apabila produk sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari konsumen. Maka melihat permasalahan diatas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived quality dan brand experience terhadap keputusan pembelian Yamaha Mio.
Adapun tipe penelitian yang digunakan yaitu explanatory research, jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden yang pernah melakukan pembelian yamaha mio di Yamaha Flagshipshop Kota Semarang selama 3 tahun terakhir dengan menggunakan teknik non probabilty sampling yaitu purposive sampling. Pada penelitian ini untuk membuktikan pengaruh antar variabel menggunakan berbagai uji seperti uji validitas,uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi,analisis regresi sederhana dan berganda serta uji signifikan yaitu uji t dan uji F. Dalam mengolah data dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS versi 26 dengan hasil terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel perceived quality terhadap keputusan pembelian, lalu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel brand experience terhadap keputusan pembelian serta terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel perceived quality dan brand experience terhadap keputusan pembelian.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti memiliki beberapa saran seperti melakukan perbaikan terhadap daya tahan mesin yamaha mio agar lebih kuat, meningkatkan performa yang dimiliki oleh yamaha mio agar tidak mudah mengalami kerusakan, menciptakan teknologi yang canggih dan terbarukan pada fitur yamaha mio,serta melakukan pengembangan terhadap spesifikasi yang dimiliki oleh yamaha mio agar memiliki output yang berkualitas dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, menciptakan konten yang menarik dan kreatif mengenai informasi yang memuat perkembangan yamaha mio dan diposting dimedia sosial yang dimiliki oleh Yamaha demi meningkatnya minat konsumen dalam mengikuti perkembangan yamaha mio.

Kata Kunci : Perceived quality, Brand experience, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:33
Last Modified: 19 Sep 2023 07:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11040

Actions (login required)

View Item View Item