Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA KADER TUBERKULOSIS PARU DALAM PENEMUAN KASUS DI KABUPATEN KEBUMEN PADA MASA PANDEMI COVID-19

AMALIA, DINDA AYU (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA KADER TUBERKULOSIS PARU DALAM PENEMUAN KASUS DI KABUPATEN KEBUMEN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO DINDA AYU.pdf - Published Version

Download (12kB)

Abstract

Kinerja kader tuberkulosis sangat berpengaruh pada keberhasilan pengendalian tuberkulosis terutama dalam penemuan kasus di wilayahnya. Penelitian dengan permasalahan pada penemuan kasus tuberkulosis paru oleh kader tuberkulosis belum pernah dilakukan di Kabupaten Kebumen khususnya di masa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja kader tuberkulosis paru dalam penemuan kasus di Kabupaten Kebumen pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah kader tuberkulosis Puskesmas dan Mentari Sehat Indonesia Kabupaten Kebumen berjumlah 449 orang. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling sehingga mendapatkan subjek sebanyak 100 orang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kinerja kader tuberkulosis paru dengan masa kerja (p=0,029), resiliensi (p=0,028), dan ketersediaan sarana prasarana (p=0,012). Selain itu, tidak ada hubungan anatara kinerja kader tuberkulosis paru dengan pekerjaan (p=0,475), insentif (p=0,512), pelatihan(p=0,582), pengawasan dan pembinaan (p=0,688). Dapat disimpulkan bahwa faktor masa kerja, resiliensi, serta ketersediaan sarana dan prasarana memiliki hubungan dengan kinerja kader tuberkulosis paru, sedangkan faktor pekerjaan, insentif, pelatihan, serta pengawasan dan pembinaan tidak memiliki hubungan dengan kinerja kader tuberkulosis paru.

Kata kunci : kinerja, kader tuberkulosis, penemuan kasus tuberkulosis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:04
Last Modified: 09 Jan 2023 07:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11029

Actions (login required)

View Item View Item