Search for collections on Undip Repository

PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND ASSOCIATION, DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK NIKE BASKETBALL SHOES (STUDI PADA KOMUNITAS BOLA BASKET DI WONOSOBO)/42/ADSM.BISNIS/2022

Ramadhani, Shabrina Wafa Veda and Prabawani, Bulan and Purbawati, Dina Lestari (2022) PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND ASSOCIATION, DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK NIKE BASKETBALL SHOES (STUDI PADA KOMUNITAS BOLA BASKET DI WONOSOBO)/42/ADSM.BISNIS/2022. Undergraduate thesis, Faculty of Social Science and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (820kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (427kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (197kB)

Abstract

Persaingan yang ketat antar perusahaan membuat perusahaan berlomba-lomba memenangkan persaingan dan mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Seperti halnya perusahaan sepatu olahraga, perusahaan sepatu olahraga mengalami persaingan yang ketat terhadap pesaing kompetitor, hal ini disebabkan karena meningkatnya kesadaran minat olahraga tiap individu mengingat adanya pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara, salah satunya Indonesia. Penting bagi perusahaan untuk memahami perilaku konsumen dengan meningkatkan brand awareness, brand association, perceived quality, dan keputusan pembelian. Hal tersebut dikarenakan konsumen semakin sadar akan merek produk yang unggul dan sesuai dengan selera, daya beli, dan kebutuhan mereka.
Tipe penelitian ini adalah explanatory research dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Google Form yang ditujukan untuk komunitas bola basket di Wonosobo. Adapun jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden yaitu komunitas bola basket di Wonosobo. Penelitian yang digunakan untuk mengetahui pengaruh brand awareness, brand association, dan perceived quality terhadap keputusan pembelian menggunakan statistik dengan bantuan software SPSS Versi 26, dimana sebelumnya telah dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien dterminasi, analisis regresi sederhana dan berganda, serta uji t dan uji f.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada brand awareness terhadap keputusan pembelian, brand association terhadap keputusan pembelian, perceived quality terhadap keputusan pembelian, serta terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel brand awareness, brand association, dan perceived quality terhadap keputusan pembelian. Peneliti memberikan saran kepada pihak perusahaan Nike untuk lebih gencar dalam memperkenalkan varian produk Nike Basketball Shoes, melakukan perluasan distribusi produk secara merata, dan meningkatkan kualitas produk dengan harga yang lebih terjangkau.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:11
Last Modified: 16 Jan 2024 08:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11015

Actions (login required)

View Item View Item