Search for collections on Undip Repository

ANALISIS GREEN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DAN PORTER'S FIVE FORCES PADA INDUSTRI PERTANIAN KOPI (STUDI KASUS UMKM TWO HEART KOPI POSONG)/34/ADM.BISNIS/2022

Viani, Almira and Prabawani, Bulan and Dewi, Reni Shinta (2022) ANALISIS GREEN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DAN PORTER'S FIVE FORCES PADA INDUSTRI PERTANIAN KOPI (STUDI KASUS UMKM TWO HEART KOPI POSONG)/34/ADM.BISNIS/2022. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (559kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (340kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (490kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (191kB)

Abstract

Green supply chain management (GSCM) adalah sebuah konsep tinjauan secara menyeluruh kegiatan operasional usaha dari hulu ke hilir yang mengintegrasikan isu lingkungan di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan GSCM pada industri kopi dan menganalisis persaingan didalamnya dengan model analisis Porter’s Five Forces pada UMKM Two Heart Kopi Posong.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara lisan, dan studi dokumentasi. Observasi dilakukan terhadap kegiatan operasional pengolahan produk kopi untuk mengetahui proses penerapan GSCM. Hasil wawancara dan observasi dalam penelitian ini digunakan sebagai data primer untuk mengetahui penerapan praktik GSCM di UMKM Two Heart Kopi Posong.
Hasil analisis dari penelitian ini adalah UMKM Two Heart Kopi Posong telah menjalankan keempat aktivitas GSCM namun praktiknya belum dilakukan secara maksimal dilihat dari salah satu praktik green manufacturing yang menyisakan limbah akhir tanpa diproses terlebih dahulu. Motif pendorong usaha dalam menerapkan praktik GSCM didasari oleh peran pemerintah, kesadaran lingkungan pribadi, dan peningkatan efisiensi. Praktik GSCM memberikan banyak kekuatan dan peluang yang bisa dimanfaatkan usaha untuk bersaing di tengah industri kopi yang tergolong mudah dimasuki pesaing baru. Kekuatan dari praktik GSCM dapat menjadi keunggulan kompetitif bagi usaha dalam menghadapi persaingan. Saran untuk UMKM Two Heart Kopi Posong adalah memaksimalkan kinerja GSCM, berbagi informasi terkait GSCM kepada sesama petani dan pengusaha lainnya, memanfaatkan kekuatan serta peluang yang ada dan aktif memanfaatkan jaringan informasi dalam menyusun strategi usaha. Saran untuk penelitian selanjutnya, perhatian dapat diberikan kepada optimalisasi aktivitas green manufacturing dan penerapan GSCM sebagai strategi keunggulan kompetitif usaha dalam menghadapi persaingan.

Kata kunci : Green supply chain management, UMKM, Persaingan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 06 Jan 2023 04:21
Last Modified: 06 Jan 2023 04:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10996

Actions (login required)

View Item View Item