Search for collections on Undip Repository

Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Genuk (Studi Kasus Pelayanan Poli Umum)/97/ADM.PUBLIK/2021

Rizky, Julia and Lestari, Hesti and Rostyaningsih, Dewi (2021) Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Genuk (Studi Kasus Pelayanan Poli Umum)/97/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu pelayanan publik yang perlu ditingkatkan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya keluhan yang disampaikan oleh pengunjung Puskesmas Genuk atas pelayanan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui bagaimana Kualitas pelayanan kesehatan di poli umum Puskesmas Genuk dan mengidentifikasi apa yang menjadi faktor penghambat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan purposive sampling yang berjumlah 14 orang meliputi pasien, petugas loket, Kasubag Tata Usaha, dokter umum, dan perawat umum. Kualitas pelayanan pada penelitian ini diukur dengan menggunakan lima dimensi dari teori Zeithaml yaitu, tangible (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), empathy (empati). Tinggi rendahnya suatu kualitas pelayanan juga dipengaruhi oleh faktor pendukung/penghambat yang dikemukakan oleh Moenir. Pada penelitian ini menghasilkan temuan tiga dimensi (tangible, responsivennes) belum berjalan dengan baik, dua dimensi (reliability dan assurance) berjalan cukup baik, dan satu dimensi (emphaty) sudah berjalan dengan baik. Dari enam faktor yang disampaikan oleh Moenir, terdapat tiga faktor yang menghambat kualitas pelayanan, yaitu faktor kesadaran, faktor sitem, prosedur dan aturan, serta faktor sarana pelayanan.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pelayanan Poli Umum, Puskesmas Genuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:50
Last Modified: 05 Jan 2024 03:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10944

Actions (login required)

View Item View Item