Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PERAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM BANK SAMPAH SEMUT IJO DI DESA SAMBILAWANG, KECAMATAN TRANGKIL, KABUPATEN PATI/95/ADM.PUBLIK/2021

KHOIRIYAH, IRA NI’MATUL and Priyadi, Budi Puspo and Purnaweni, Hartuti (2021) ANALISIS PERAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM BANK SAMPAH SEMUT IJO DI DESA SAMBILAWANG, KECAMATAN TRANGKIL, KABUPATEN PATI/95/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (490kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Persoalan sampah merupakan masalah klasik yang hadir di tengah populasi penduduk yang setiap tahunnya mengalami peningkatan sehingga perlunya pengelolaan sampah yang optimal guna mendukung dan mengatasi permasalahan tersebut. Oleh sebab itu, penelitian ini didasari rasa keingintahuan peneliti terkait upaya pengurangan sampah rumah tangga melalui program bank sampah yang dicanangkan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sebagai Organisasi Perangkat Daerah yang membawahi urusan pengurangan sampah melalui program bank sampah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Selain itu, peneliti berusaha menggambarkan fenomena penelitian secara mendalam menggunakan data primer dan sekunder. Teori yang digunakan adalah teori implementasi Merilee S. Grindle, dilihat dari konteks kebijakan publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DLH merupakan lembaga internal pemerintah yang terlibat penuh dalam implementasi program bank sampah “Semut Ijo” di Desa Sambilawang mulai dari penyusunan kebijakan dan anggaran, memiliki kewenangan untuk memberikan arahan dan sosialisasi, memberi dukungan penuh berupa sumber daya manusia, sumber daya anggaran dan fasilitas, serta melakukan pengawasan dan evaluasi. Namun, DLH masih menemui beberapa faktor penghambat dalam menjalankan perannya, yakni terbatasnya sumber daya manusia dalam membina program bank sampah, anggaran yang terbatas karena adanya refocusing untuk pemulihan ekonomi di kala pandemi Covid-19, fasilitas yang terbatas secara kuantitas, dan sosialisasi yang belum merata terutama ke daerah Desa Sambilawang.

Kata Kunci: Peran Aktor, Implementasi, Program Bank Sampah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 04 Jan 2023 07:23
Last Modified: 04 Jan 2023 07:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10942

Actions (login required)

View Item View Item