Search for collections on Undip Repository

Advokasi Kebijakan Peningkatan Partisipasi Pria Dalam Program Keluarga Berencana (KB) Di Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri/90/ADM.PUBLIK/2021

Oktaviana, Ita and Astuti, Retno Sunu and Santoso, Slamet (2021) Advokasi Kebijakan Peningkatan Partisipasi Pria Dalam Program Keluarga Berencana (KB) Di Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri/90/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (404kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (562kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (469kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)

Abstract

Pertumbuhan penduduk di Indonesia yang semakin bertambah dan tidak terkontrol, perlu dilakukan upaya untuk mengatasinya yaitu melalui program keluarga berencana. Namun, dalam pelaksanaan program KB di kecamatan batuwarno kabupaten wonogiri, partisipasi pria masih rendah. Padahal Metode Operasi Pria yang merupakan bagian dari metode kontrasepsi jangka panjang dapat menekan laju pertumbuhan penduduk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis advokasi kebijakan peningkatan partisipasi pria dan faktor hambatannya. Teori yang digunakan adalah teori advokasi oleh Ramaditya Rahardian. Hasil penelitian adalah advokasi kebijakan dilakukan melalui kelompok Priyo Utomo di kecamatan batuwarno belum berhasil meningkatkan partisipasi pria. Advokasi kebijakan yang dilakukan tidak sesuai dengan harapan. Strategi kegiatannya melakukan KIE dan sosialisasi KB MOP serta menggunakan media cetak. Faktor penghambatnya adalah faktor agama, kurangnya SDM, kurangnya anggaran, kurangnya koordinasi, dan kelalaian teknis. Peneliti merekomedasikan untuk merumuskan dasar hukum mengenai partisipasi pria agar kedepannya dapat mendorong peningkatan partisipasi pria.

Kata kunci : keluarga berencana , partisipasi pria, advokasi kebijakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 04 Jan 2023 04:46
Last Modified: 04 Jan 2023 04:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10932

Actions (login required)

View Item View Item