Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KULIAH DARING DI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Kartika, Afta (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KULIAH DARING DI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (767kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (540kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Implementasi kuliah daring di Universitas Diponegoro di masa pandemi dilaksanakan sesuai dengan ketetapan dalam Surat Edaran Rektor Nomor 20/UN.7.P/SE/2020 dan Surat Edaran Rektor nomor 23/UN7.P/SE/2020 serta arahan Wakil Rektor 1. Dalam implementasi kuliah daring Universitas Diponegoro menggunakan dua platform yaitu Microsoft Teamsdan Kulon Undip. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis implementasi kuliah daring di Universitas Diponegoro dan menganalisis faktor penghambat dari implementasi kuliah daring di Universitas Diponegoro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deksriptif, penentuan informan menggunakan metode purposive sampling dan snowball sampling. Penelitian ini menunjukkan dalam implementasi kuliah daring, masih banyak dosen yang gagap teknologi terutama dosen senior yang sudah sepuh kesulitan mengelola platform yang digunakan untuk perkuliahan daring. Mahasiswa mengalami kendala teknis dan belum siap secara mental untuk mengikuti kuliah daring yang minim pengawasan dosen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi di Universitas Diponegoro telah dilakukan sesuai ketetapan dalam Surat Edaran Rektor dan arahan wakil Rektor 1 namun capaian pembelajaran yang dihasilkan tidak maksimal. Dimana terjadi peningkatan Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa namun kompetensi mahasiswa sesuai disiplin ilmu menurun.

Kata kunci : Implementasi Kuliah Daring, IPK, Kompetensi, Universitas Diponegoro

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:01
Last Modified: 04 Aug 2023 08:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10896

Actions (login required)

View Item View Item