Search for collections on Undip Repository

DAMPAK KEBIJAKAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) TERHADAP PELAKU USAHA DI PASAR TANAH ABANG JAKARTA/ 73/ADM.PUBLIK/2021

Pratama, Saputra and Kismartini, Kismartini and Rahman, Amni Zarkasyi (2021) DAMPAK KEBIJAKAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) TERHADAP PELAKU USAHA DI PASAR TANAH ABANG JAKARTA/ 73/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER HALAMAN.pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (681kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (634kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kebijakan PSBB dengan pembatasan interaksi sosial berdampak terhadap ekonomi para pelaku usaha di Pasar Tanah Abang yang meliputi dampak terhadap pendapatan, dampak terhadap aktivitas ekonomi dan dampak terhadap pengeluaran. Disaat PSBB menyebabkan banyak orang terkena PHK sehingga daya beli masyarakat terhadap tekstil dan produk tekstil menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak kebijakan PSBB terhadap ekonomi pelaku usaha di Pasar Tanah Abang Jakarta serta menganalisis upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan pelaku usaha untuk mengatasi dampak PSBB. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penentuan informan dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi penurunan omzet pendapatan para pelaku usaha, namun disisi lain pelaku usaha masih harus menanggung beban pengeluaran untuk biaya operasional toko yaitu service charge, biaya listrik sehingga banyak pelaku usaha yang gulung tikar atau bangkrut. Kebijakan PSBB membuat aktivitas produksi TPT menurun karena turunnya permintaan masyarakat terhadap tekstil dan produk tekstil, hal tersebut memberikan dampak pada aktivitas distribusi karena jumlah produk yang dikirimkan ke konsumen di masa pandemi mengalami penurunan. Selain itu, untuk mengatasi dampak PSBB, pemerintah melalui kebijakan PD Pasar Jaya memberikan bantuan tunai langsung untuk pelaku usaha, memberikan bantuan sembako kepada warga masyarakat, serta pemerintah melakukan upaya vaksinasi masal bagi pelaku usaha dan masyarakat umum. Rekomendasi yang diberikan antara lain pemerintah perlu memberikan bantuan modal usaha dan menggencarkan program vaksinasi Covid-19, menerapkan protocol kesehatan dan menunjukan kartu atau sertifikat vaksin sebelum masuk ke Pasar Tanah Abang, mendorong pelaku usaha untuk mahir terhadap teknologi untuk memasarkan tekstil dan produk tekstil melalui e-commerce dan tetap mempertahankan kualitas produk yang dipasarkan.

Kata kunci : Kebijakan PSBB, Dampak PSBB, Covid-19, Pelaku Usaha Pasar Tanah Abang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:32
Last Modified: 03 Jan 2023 06:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10894

Actions (login required)

View Item View Item