Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PERBANDINGAN ZONA NILAI EKONOMI KAWASAN DENGAN PERBEDAAN DAYA TARIK WISATA BERDASARKAN NILAI TOTAL EKONOMI SERTA INTERAKSI SPASIAL (Studi Kasus: Taman Krida Wisata dan Pijar Park)

WILDAN RULIYONO, WILDAN and FAUZI JANU AMARROHMAN, ST, MT, FAUZI (2022) ANALISIS PERBANDINGAN ZONA NILAI EKONOMI KAWASAN DENGAN PERBEDAAN DAYA TARIK WISATA BERDASARKAN NILAI TOTAL EKONOMI SERTA INTERAKSI SPASIAL (Studi Kasus: Taman Krida Wisata dan Pijar Park). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
WILDAN RULIYONO_Judul, BAB I, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kabupaten Kudus merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki beragam destinasi wisata dengan berbagai daya tarik, terutama Taman Krida Wisata dan Pijar Park. Taman Krida Wisata berdaya tarik wisata hasil buatan manusia, sedangkan Pijar Park berdaya tarik alam dan hasil buatan manusia. Pada tahun 2020, Taman Krida Wisata memiliki pengunjung sebanyak 2.588, sedangkan Pijar Park sebanyak 723. Selain itu, pada tahun 2019, Taman Krida Wisata dikunjungi wisatawan sebanyak 22.836, sedangkan Pijar Park dikunjungi sebanyak 3.623. Kedua kawasan wisata mempengaruhi ekonomi sekitarnya karena terdapat masyarakat yang mengambil manfaat dari adanya kawasan wisata tersebut. Oleh karena itu, diperlukan adanya analisis zona nilai ekonomi kawasan dengan metode Travel Cost Method dan Contingent Valuation Method untuk mengetahui nilai guna langsung serta nilai keberadaan kawasan tersebut yang selanjutnya akan dijumlahkan untuk mendapatkan nilai total ekonomi. Selain itu, digunakan juga Hedonic Pricing Method untuk mengetahui nilai kesukaan pengunjung pada kawasan tersebut serta Gravity Model untuk mengetahui arus pergerakan antara kedua kawasan wisata dengan wilayah terdekat, zona perkantoran, dan zona pusat ekonomi. Sampel yang digunakan pada Taman Krida Wisata sebesar 152 untuk TCM, 109 untuk CVM, dan 131 untuk HPM. Pada Pijar Park, digunakan sampel sebanyak 154 untuk TCM, 104 untuk CVM, serta 135 untuk HPM. Taman Krida Wisata memiliki nilai total ekonomi sebesar Rp 71.216.836.970, sedangkan Pijar Park Rp Rp 57.297.299.050. Selain itu, Taman Krida Wisata memiliki nilai hedonik dengan interval 4,000-4,189, sedangkan Pijar Park bernilai sebesar 3,976-4,160. Berdasarkan perhitungan interaksi spasial, Taman Krida Wisata memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan Pijar Park.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gravity Model, Nilai Hedonik, Nilai Total Ekonomi, Pijar Park, Taman Krida Wisata, Zona Nilai Ekonomi Kawasan
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Geodetic Engineering
Depositing User: Geodesi undip
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:43
Last Modified: 03 Jan 2023 03:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10891

Actions (login required)

View Item View Item