Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI PREMENSTRUAL SYNDROME PADA SISWI SMP DAN SMA DI SUMATERA UTARA

SHANIYA, YUSTIKA (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI PREMENSTRUAL SYNDROME PADA SISWI SMP DAN SMA DI SUMATERA UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO YUSTIKA.pdf - Published Version

Download (12kB)

Abstract

Masa remaja merupakan masa dimana terjadinya peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa, serta diikuti oleh perubahan seperti perubahan fisik, perilaku, kognitif, biologis dan emosi. Salah satu permasalahan utama yang dihadapi oleh remaja saat ini adalah Premenstrual Syndrome yang dapat mebawa kepada resiko terhadap kecemasan. Kecemasan merupakan kejadian emosional seorang remaja yang termasuk dari gejala stress. Pada remaja wanita, Premenstrual Syndrome atau PMS merupakan salah satu gejala yang terjadi pada saat siklus mentruasi wanita berupa keadaan dimana terjadinya sejumlah gejala seperti gejala fisik, emosi dan psikologis yang berkaitan dengan siklus menstruasi pada wanita dan kecemasan yang dialami remaja. Pengetahuan melalui pendidikan kesehatan reproduksi remaja adalah suatu proses untuk menjembatani kesenjangan antara informasi pengetahuan yang didapat dengan tingkah laku kesehatan Informasi yang diperoleh oleh remaja dapat memberi pengetahuan yang lebih luas mengenai Premenstrual Syndrome.
Kata kunci : Premenstrual Syndrome, Pengetahuan, Sikap,kecemasan, SMP SMA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 30 Dec 2022 06:41
Last Modified: 30 Dec 2022 06:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10776

Actions (login required)

View Item View Item