Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Screen Media Terhadap Perkembangan Mental Emosional Anak Usia 36 Bulan Sampai 72 Bulan

yuwono, Aries Pradoto and Hartanto, Fitri and Rahmadi, Farid Agung (2022) Pengaruh Screen Media Terhadap Perkembangan Mental Emosional Anak Usia 36 Bulan Sampai 72 Bulan. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (BAB 1)
TESIS BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (COVER)
TESIS COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
TESIS BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
TESIS BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
TESIS BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
TESIS BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
TESIS BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 7)
TESIS BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (DAPUS-LAMPIRAN)
TESIS DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
Pengaruh Screen Media Terhadap Perkembangan Mental Emosional Anak Usia 36 Bulan Sampai 72 Bulan
Aries Pradoto Yuwono, Fitri Hartanto, Farid Agung Rahmadi
Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro/
RSUP Dr. Kariadi Semarang

Latar Belakang : Akses anak terhadap screen media semakin meningkat dari 52% pada 2011 menjadi 75% pada tahun 2013. Menurut Riskesdas, prevalensi gangguan mental emosional tahun 2013 pada anak sebesar 6,0 %, sedangkan tahun 2018 meningkat menjadi 9,9 %. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh penggunaan screen media terhadap perkembangan mental emosional anak usia 36 bulan sampai 72 bulan
Metode Penelitian : penelitian cross sectional dengan populasi target anak usia 36 bulan sampai 72 bulan.
Hasil : Subjek yang normal didapatkan lebih banyak pada yang durasi screen media sesuai rekomendasi (100%) daripada yang tidak sesuai (77,7%), lebih banyak pada yang menonton konten non kekerasan (100%) daripada yang menonton kekerasan (75,7%), lebih banyak pada yang didampingi orang tua (100%) daripada subjek yang tidak didampingi (71,3%), lebih banyak pada tingkat sosial ekonomi tinggi (81,2%) daripada tingkat sosial ekonomi sedang (50%), lebih banyak pada pola asuh demokratis (100%) daripada pola asuh permisif (27%). Subjek dengan masalah mental emosional didapatkan lebih banyak pada yang durasi screen media tidak sesuai rekomendasi (22,3%) daripada yang sesuai (0%), lebih banyak pada yang menonton konten kekerasan (24,3%) daripada yang menonton non kekerasan (0%), lebih banyak pada yang tidak didampingi orang tua (28,7%) daripada yang didampingi (0%), lebih banyak pada subjek dengan tingkat ekonomi sedang (50%) daripada subjek dengan tingkat sosial ekonomi tinggi (18,8%), lebih banyak pada pola asuh permisif (73%) daripada subjek dengan pola asuh demokratis (0%).
Kesimpulan : terdapat pengaruh bermakna (P<0,05) antara durasi, konten, pendampingan orang tua dan pola asuh terhadap perkembangan mental emosional anak
Kata Kunci : durasi, konten, screen media, pendampingan orang tua, pola asuh

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: durasi, konten, screen media, pendampingan orang tua, pola asuh
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:34
Last Modified: 03 Jan 2023 06:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10770

Actions (login required)

View Item View Item