yuwono, Aries Pradoto and Hartanto, Fitri and Rahmadi, Farid Agung (2022) Pengaruh Screen Media Terhadap Perkembangan Mental Emosional Anak Usia 36 Bulan Sampai 72 Bulan. Masters thesis, Universitas Diponegoro.
Text (BAB 1)
TESIS BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (COVER)
TESIS COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
TESIS BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (895kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
TESIS BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
TESIS BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (885kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
TESIS BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
TESIS BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 7)
TESIS BAB 7.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text (DAPUS-LAMPIRAN)
TESIS DAPUS.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pengaruh Screen Media Terhadap Perkembangan Mental Emosional Anak Usia 36 Bulan Sampai 72 Bulan
Aries Pradoto Yuwono, Fitri Hartanto, Farid Agung Rahmadi
Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro/
RSUP Dr. Kariadi Semarang
Latar Belakang : Akses anak terhadap screen media semakin meningkat dari 52% pada 2011 menjadi 75% pada tahun 2013. Menurut Riskesdas, prevalensi gangguan mental emosional tahun 2013 pada anak sebesar 6,0 %, sedangkan tahun 2018 meningkat menjadi 9,9 %. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh penggunaan screen media terhadap perkembangan mental emosional anak usia 36 bulan sampai 72 bulan
Metode Penelitian : penelitian cross sectional dengan populasi target anak usia 36 bulan sampai 72 bulan.
Hasil : Subjek yang normal didapatkan lebih banyak pada yang durasi screen media sesuai rekomendasi (100%) daripada yang tidak sesuai (77,7%), lebih banyak pada yang menonton konten non kekerasan (100%) daripada yang menonton kekerasan (75,7%), lebih banyak pada yang didampingi orang tua (100%) daripada subjek yang tidak didampingi (71,3%), lebih banyak pada tingkat sosial ekonomi tinggi (81,2%) daripada tingkat sosial ekonomi sedang (50%), lebih banyak pada pola asuh demokratis (100%) daripada pola asuh permisif (27%). Subjek dengan masalah mental emosional didapatkan lebih banyak pada yang durasi screen media tidak sesuai rekomendasi (22,3%) daripada yang sesuai (0%), lebih banyak pada yang menonton konten kekerasan (24,3%) daripada yang menonton non kekerasan (0%), lebih banyak pada yang tidak didampingi orang tua (28,7%) daripada yang didampingi (0%), lebih banyak pada subjek dengan tingkat ekonomi sedang (50%) daripada subjek dengan tingkat sosial ekonomi tinggi (18,8%), lebih banyak pada pola asuh permisif (73%) daripada subjek dengan pola asuh demokratis (0%).
Kesimpulan : terdapat pengaruh bermakna (P<0,05) antara durasi, konten, pendampingan orang tua dan pola asuh terhadap perkembangan mental emosional anak
Kata Kunci : durasi, konten, screen media, pendampingan orang tua, pola asuh
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | durasi, konten, screen media, pendampingan orang tua, pola asuh |
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical |
Depositing User: | Upload Mandiri FK |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 06:34 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 06:34 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10770 |
Actions (login required)
View Item |