Search for collections on Undip Repository

PROFIL DAN HUBUNGAN STATUS VITAMIN D DENGAN GEOMETRI VENTRIKEL KIRI PADA PASIEN SINDROMA METABOLIK

Pradhana, Theofilus Ardy and Limantoro, Charles and Pemayun, Tjokorda (2022) PROFIL DAN HUBUNGAN STATUS VITAMIN D DENGAN GEOMETRI VENTRIKEL KIRI PADA PASIEN SINDROMA METABOLIK. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (cover)
Cover.pdf

Download (232kB)
[img] Text (abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang:
Sindrom metabolik meningkatkan resiko terjadinya komplikasi kardiovaskuler seperti hipertrofi ventrikel kiri (LVH). Pasien dengan sindrom metabolik mengalami defisiensi vitamin D yang memiliki dampak buruk pada kontraksi dan remodelling miokardium.
Metode:
Penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional yang melibatkan 38 subjek dengan sindrom metabolik sesuai kriteria NCEP ATP III. Dilakukan pemeriksaan ekokardiografi dengan menilai profil geometri ventrikel kiri dan dilakukan pemeriksaan kadar vitamin D. Untuk menganalisis hubungan menggunakan uji Chi Square, ANOVA dan Kruskal Wallis.
Hasil:
Subjek penelitian terdiri dari 19 pasien (50%) dengan profil geometri normal dan 19 pasien (50%) dengan LVH. Rerata kadar vitamin D pada subjek penelitian termasuk dalam defisiensi (20,44). Status vitamin D berpengaruh terhadap geometri ventrikel kiri normal (20,9±6,7), LVH eksentrik (20,9+6,6), LVH Konsentrik (18,1+4,8), LVH konsentrik remodelling (24,3+5,8), namun tidak berbeda bermakna (p=0,244). Tidak didapatkan hubungan bermakna antara faktor perancu terhadap profil geometri ventrikel kiri maupun status vitamin D.
Kesimpulan:
Tidak didapatkan perbedaan bermakna antara status vitamin D dengan geometri ventrikel kiri pada pasien sindrom metabolik.
Kata kunci: Sindrom Metabolik, Vitamin D, Geometri Ventrikel Kiri, Hipertrofi Ventrikel

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sindrom Metabolik, Vitamin D, Geometri Ventrikel Kiri, Hipertrofi Ventrikel
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:28
Last Modified: 30 Dec 2022 07:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10748

Actions (login required)

View Item View Item