Search for collections on Undip Repository

Hubungan Stres dan Motif Pemilihan Makanan dengan Kualitas Diet pada Mahasiswi Tingkat Akhir

Istiqomah, Riska and Dieny, Fillah Fithra and Marfu’ah Kurniawati, Dewi and Ayustaningwarno, Fitriyono Hubungan Stres dan Motif Pemilihan Makanan dengan Kualitas Diet pada Mahasiswi Tingkat Akhir. -. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
Abstrak-Riska Istiqomah.pdf

Download (181kB)

Abstract

Latar Belakang : Mahasiswi tingkat akhir yang menyusun skripsi retan mengalami stres. Pada saat stres, terjadi pelepasan beberapa hormon yang akan mempengaruhi motif pemilihan makanan serta kualitas diet.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan stres dan motif pemilihan makanan dengan kualitas diet pada mahasiswi tingkat akhir.
Metode : Desain studi cross sectional dengan subjek mahasiswi tingkat akhir Universitas Diponegoro berusia 21-24 tahun sebanyak 68 subjek dengan teknik proportional stratified random sampling. Data yang dikumpulkan meliputi data identitas dan karakteristik subjek, data stres menggunakan Perceived Stress Scale (PSS), data motif pemilihan makanan menggunakan Food Choice Questionnaire (FCQ), asupan makan menggunakan Semi Quantitative-Food Frequency Questionnaire (SQ-FFQ) dan recall 24 jam, kualitas diet menggunakan Diet Quality Index-International (DQI-I), data pengetahuan gizi menggunakan kuesioner pengetahuan gizi seimbang, serta data ketersediaan dan keragaman pangan menggunakan Minimum Dietary Diversity For Women (MDD-W). Data dianalisis dengan uji spearman dan uji regresi linier berganda.
Hasil : Terdapat 64,7% subjek mengalami tingkat stres sedang, motif pemilihan makanan subjek yang utama yaitu harga, kenyamanan, dan kesehatan, serta 72,1% subjek memiliki kualitas diet yang rendah. Ada hubungan stres (p=0,005; r=-0,337) dengan kualitas diet. Stres (p=0,010), dan pengetahuan gizi (p=0,003) merupakan faktor yang mempengaruhi kualitas diet pada mahasiswi tingkat akhir (adjusted R2=0,210).
Simpulan : Stres berhubungan dengan kualitas diet pada mahasiswi tingkat akhir. Pengetahuan gizi merupakan faktor lain yang dapat berhubungan dengan kualitas diet.
Kata Kunci : kualitas diet, mahasiswi tingkat akhir, motif pemilihan makanan, stres.

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 29 Dec 2022 09:48
Last Modified: 29 Dec 2022 09:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10736

Actions (login required)

View Item View Item