Amaliasari, Indira and Priyadi, Budi Puspo and Hidayat, Zainal (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELATIHANKEPEMIMPINAN NASIONAL TINGKAT II MELALUI E-LEARNING DI LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA\05\ADM.PUBLIK\2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
COVER.pdf - Published Version Download (340kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (96kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Secara umum, diklat adalah proses pembelajaran yang ditujukan kepada aparatur sipil negara agar dapat meningkatkan kompetensi pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan dan faktor-faktor penghambat dan faktor-faktor pendukung. Penelitian ini penting karena kehadiran Virus Corona di Indonesia mengubah realisasi penyelenggaraan diklat yang sebelumnya klasikal (tatap muka) menjadi pembelajaran secara full online. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di Lembaga Administrasi Negara, informan penelitian dengan teknik snowball sampling,yaitu Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Nasional dan Manajerial Aparatur Sipil Negara, pesertadiklat, widyaiswara, dan staff penyelenggara. Instrumen penelitian adalah peneliti, sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan penyelenggaraan PKN II melaluie-learning di Lembaga Administrasi Negara belum terlaksana dengan maksimal. Faktor yang menghambat dan mendukung implementasi kebijakan PKN II secarae-learning, antara lain: belum terbiasa belajar secara online, keletihan mengikuti pembelajaran, tidak fokusnya peserta dalam mengikuti diklat, dan LAN kurang tegas dalam memberikan arahan kepada peserta dalam memberikan surat kebebasan tugas.
Kata kunci: e-learning, diklat, implementasi, kebijakan, aparatur sipil negara
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 04:23 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 04:23 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10708 |
Actions (login required)
View Item |