Search for collections on Undip Repository

Total Flavonoid dan Organoleptik Teh Herbal Rambut Jagung dan Bubuk Daun Stevia untuk Penderita Diabetes Melitus Tipe 2

Dwi Kurniawati, Marlinda and Nissa, Choirun and Probosari, Enny and Syauqy, Ahmad Total Flavonoid dan Organoleptik Teh Herbal Rambut Jagung dan Bubuk Daun Stevia untuk Penderita Diabetes Melitus Tipe 2. -. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
Abstrak-Marlinda.pdf

Download (161kB)

Abstract

Latar Belakang : Kondisi hiperglikemia pada diabetes melitus tipe 2 akan mengakibatkan peningkatan radikal bebas di dalam sel, yang dapat menyebabkan komplikasi. Kandungan flavonoid pada rambut jagung dan daun stevia dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan dapat menurunkan kadar gula darah. Teh herbal rambut jagung memiliki rasa yang hambar dan dapat dikombinasikan dengan daun stevia sebagai pemberi rasa manis, namun belum diketahui formulasi yang optimal.

Tujuan : Untuk mendapatkan formulasi terbaik dan menganalisis total senyawa flavonoid dan organoleptik (warna, aroma, dan rasa) pada teh herbal rambut jagung dan bubuk daun stevia.

Metode : Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen yang terdiri dari 3 perlakuan dengan perbedaan rasio rambut jagung dan bubuk daun stevia, meliputi : Formulasi A (95% : 5%), B (90% : 10%), dan C (85% : 15%). Setiap formulasi diseduh dengan suhu 900C selama 5 menit, kemudian total senyawa flavonoid dianalisis dengan metode kolorimetri (AlCl3) dan uji organoleptik (hedonik dan mutu hedonik) menggunakan 26 panelis tidak terlatih.

Hasil : Hasil analisis kandungan flavonoid menyatakan terdapat perbedaan signifikan (p<0,001) pada formulasi A, B, dan C. Hasil uji deskriptif didapatkan terdapat perbedaan yang bermakna untuk parameter warna (p<0,001) dan rasa (p<0,001), sedangkan pada parameter aroma tidak terdapat perbedaan yang bermakna (p=0,866). Hasil pengujian hedonik menunjukkan terdapat perbedaan bermakna (p=0,008) pada rasa, sedangkan pada parameter warna (p=0,287) dan aroma (p=0,430) tidak terdapat perbedaan yang bermakna.

Simpulan : Formulasi C merupakan formulasi terbaik dengan warna seduhan kuning kecoklatan, beraroma agak berbau jagung, dan memiliki rasa agak manis, daya terima dari semua parameter adalah agak suka.

Kata Kunci : diabetes melitus tipe 2, flavonoid, rambut jagung, bubuk daun stevia, dan teh herbal

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:28
Last Modified: 29 Dec 2022 03:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10698

Actions (login required)

View Item View Item