Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS PELEMBAP BERBAHAN DASAR OATMEAL TERHADAP DERAJAT KEPARAHAN DERMATITIS ATOPIK (Tinjauan Sistematik dan Meta-analisis)

Kadarhadi, Elva and Widayati, Retno Indar and Riyanto, Puguh (2022) EFEKTIVITAS PELEMBAP BERBAHAN DASAR OATMEAL TERHADAP DERAJAT KEPARAHAN DERMATITIS ATOPIK (Tinjauan Sistematik dan Meta-analisis). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAPUS-LAMPIRAN)
DAPUS-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

EFEKTIVITAS PELEMBAP BERBAHAN DASAR OATMEAL TERHADAP DERAJAT KEPARAHAN DERMATITIS ATOPIK (Tinjauan Sistematik dan Meta-analisis)

Elva Kadarhadi, Retno Indar Widayati, Puguh Riyanto

Bagian / KSM Dermatologi dan Venereologi, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro / RSUP Dr. Kariadi Semarang

Latar belakang: Dermatitis atopik (DA) merupakan suatu penyakit kulit inflamasi kronis pada kulit dengan prevalensi pada anak sebesar 10-20% dan sekitar 1-3% pada dewasa. Penggunaan pelembap merupakan bagian penting dan terapi mendasar dari manajemen DA. Pelembap berbahan dasar oatmeal merupakan pelembap yang berasal dari tanaman oatmeal (Avena sativa) memiliki berbagai mekanisme kerja, yakni sebagai antiinflamasi, antipruritus, bersifat sebagai prebiotik, memiliki kemampuan memperbaiki sawar kulit, serta memberikan efek mengoptimalkan pH kulit. Pelembap berbahan dasar oatmeal mampu mengurangi jumlah pemakaian kortikosteroid pada anak yang memiliki risiko terjadinya efek samping pemakaian jangka panjang.
Tujuan: Menganalisis efektivitas pelembap berbahan dasar oatmeal terhadap penurunan derajat keparahan dermatitis atopik.
Metode: Hasil pencarian database elektronik di Pubmed-MEDLINE, Cochrane library, EBSCOhost, dan Scopus didapatkan 5 artikel (n=443) yang disertakan dalam analisa kuantitatif dan kualitatif.
Hasil: Meta-analisis parameter indeks EASI dengan random effect model menunjukkan uji heterogenitas p= 0.001 dengan nilai I2= 85%. Nilai standardized mean difference indeks EASI adalah -0.832 dengan CI 95% adalah -1.665 hingga 0.167. Hal ini menunjukkan bahwa penurunan indeks EASI pada kelompok pelembap berbahan dasar oatmeal tidak bermakna secara statistik dibandingkan kelompok plasebo (p= 0.109). Meta-analisis parameter indeks SCORAD dengan random effect model menunjukkan uji heterogenitas p= 0.060 dengan nilai I2=64%. Nilai standardized mean difference indeks SCORAD adalah -0.358 (CI 95%, -0.829 hingga 0.113). Hal ini menunjukkan bahwa penurunan indeks SCORAD pada kelompok pelembap berbahan dasar oatmeal tidak bermakna secara statistik dibandingkan kelompok plasebo (p= 0.137).
Kesimpulan: Pemberian pelembap berbahan dasar oatmeal secara kualitatif menurunkan derajat keparahan dermatitis atopik berdasarkan indeks EASI dan SCORAD, namun secara kuantitatif tidak bermakna signifikan.
Kata kunci: dermatitis atopik, oatmeal, EASI, SCORAD

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: dermatitis atopik, oatmeal, EASI, SCORAD
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:50
Last Modified: 29 Dec 2022 03:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10672

Actions (login required)

View Item View Item