Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS PENCEGAHAN BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI JAWA TENGAH DALAM PENANGANAN PERMASALAHAN NARKOBA DI WILAYAH JAWA TENGAH /77/ADM.PUBLIK/2020

Amrullah, Muhammad Tha’at and Widowati, Nina (2020) EFEKTIVITAS PENCEGAHAN BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI JAWA TENGAH DALAM PENANGANAN PERMASALAHAN NARKOBA DI WILAYAH JAWA TENGAH /77/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover fix.pdf - Published Version

Download (410kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
Daftar Pustaka fix.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan narkoba di jawa tengah ditangani oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah melalui Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) dengan berbagai langkah pencegahan, seperti : diseminasi informasi, advokasi, sosilaisasi narkoba, pemberdayaan peran serta masyarakat (PSM) dan pemberdayaan alternative (PA), serta kegiatan penunjang lainnya.Metode Penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yang meliputi beberapa aspek yakni : pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi. Informan yang dipilih oleh penulis dalam penelitian ini adalah : Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kepala Seksi Pencegahan, dan Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat sudah berjalan cukup efektif walau belum optimal. Efektivitas Bidang P2M dapat dilihat dari aspek-aspek efektivitas yakni : pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi. Beberapa kendala yang dihadapi adalah : sumber daya manusia Bidang P2M yang masih terhitung kurang dan terbatas untuk mengampu seluruh area jawa tengah yang begitu luas, kurangnya armada pencegahan berupa truk tes urine dan mobil cegah narkoba, dan anggaran tahunan yang didapat kurang mencukupi untuk melakukan rancangan kerja yang telah ada sehingga menyebabkan proses pencegahan dan pemberdayaan masayarakat tidak berjalan optimal.
Disarankan agar Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat lebih bersifat inovatif dan aktif dengan melakukan sosialisasi lewat media lain, seperti : majalah, radio, televisi daerah, atau website milik dinas provinsi, mencari dan menjalin kerja sama dengan stakeholders terkait sebagai upaya menekan anggaran yang ada, serta mengevaluasi hasil kinerja yang dilakukan agar langkah Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan masyarakat ke depan bisa lebih baik dan optimal.
Kata kunci : Efektivitas, Aspek-Aspek Efektivitas, Narkoba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Dec 2022 03:11
Last Modified: 27 Dec 2022 03:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10617

Actions (login required)

View Item View Item