Search for collections on Undip Repository

EVALUASI KAWASAN PERUNTUKAN INDUSTRI KAYU LAPIS TERHADAP KONDISI LINGKUNGAN DI KECAMATAN KRANGGAN KABUPATEN TEMANGGUNG /73/ADM.PUBLIK/2020

Wibowo, Miftah Adi and Marom, Aufarul (2020) EVALUASI KAWASAN PERUNTUKAN INDUSTRI KAYU LAPIS TERHADAP KONDISI LINGKUNGAN DI KECAMATAN KRANGGAN KABUPATEN TEMANGGUNG /73/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (764kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (481kB)

Abstract

Penetapan Kawasan Peruntukan Industri (KPI) Kabupaten Temanggung berada di Kecamatan Kranggan dan Pringsurat berdasarkan pada Peraturan Daerah Kabupaten Temanggung No 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah Kabupaten Temanggung Tahun 2011 – 2031. Proses berjalannya KPI tentunya akan menimbulkan dampak terhadap lingkungan disekitarnya, khususnya lingkungan hidup yang terdampak negatif akibat KPI tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Kawasan Peruntukan Industri Kayu Lapis terhadap kondisi lingkungan di Kecamatan Kranggan serta upaya pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup. Penelitian ini menggunakan Teori Evaluasi dari William Dunn dan juga peraturan terkait tentang lingkungan hidup dan UKL-UPL. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pemilihan Informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa KPI memberikan pencemaran bagi lingkungan. Pencemaran yang paling kelihatan yaitu pencemaran udara yang berasal dari cerobong asap saat pengolahan kayu albasia/sengon dan proses produksi yang menyebabkan partikel debu menjadi semakin banyak. Pencemaran lain yaitu limbah B3 seperti oli bekas perawatan mesin produksi, kain majun, dan limbah lem kayu. Pencemaran tersebut menimbulkan menurunnya kesehatan masyarakat yang menyebabkan tingginya penyakit ISPA di Kecamatan Kranggan. Upaya pengelolaan dan pemantauan yang dilakukan berupa peningkatan ruang terbuka hijau dan non-hijau disetiap pabrik, serta dilakukannya audit lingkungan setiap semester. Saran yang diberikan adalah pemerintah harus bersikap tegas jika terdapat pencemaran yang berlebihan dan pengusaha harus meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan hidup supaya lingkungan disekitar pabrik tetap lestari.
Kata kunci: Evaluasi, Kawasan Peruntukan Industri, Pencemaran Lingkungan, UKL-UPL

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Dec 2022 02:16
Last Modified: 27 Dec 2022 02:16
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10610

Actions (login required)

View Item View Item