Search for collections on Undip Repository

Gaya Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa Kedokteran Selama Pembelajaran Hibrida Saat Pandemi Covid-19

Nugroho, Ifan and Dewi, Dian Puspita and Kristina, Tri Nur and Halleyantoro, Ryan (2022) Gaya Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa Kedokteran Selama Pembelajaran Hibrida Saat Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK)
IFAN NUGROHO-22010119140235-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (120kB)

Abstract

Latar Belakang: Perubahan metode pembelajaran pada pendidikan kedokteran membutuhkan adaptasi gaya belajar saat pembelajaran hibrida selama pandemi Covid-19. Mengenali gaya belajar yang tepat dapat membantu seseorang untuk mencapai hasil belajar yang optimal.

Tujuan: Menganalisis gaya belajar dan prestasi akademik mahasiswa kedokteran tahun pertama selama pembelajaran dengan metode hibrida akibat pandemic Covid- 19.

Metode: Merupakan penelitian observasional dengan metode potong lintang dan jumlah sampel 157 mahasiswa Program Studi Kedokteran (PSKed) Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Data primer diperoleh dari hasil kuesioner dan data sekunder berupa nilai Indeks Prestasi Semester (IPS) di semester 2 yang diperolah dari bagian akademik. Uji beda IPS ditinjau dari gaya belajar dilakukan dengan Kruskal-Walis test.

Hasil: Terdapat 3 (tiga) gaya belajar yang terdeteksi, yaitu visual, auditori dan kinestetik, dimana visual adalah yang paling dominan. Gaya belajar mahasiswa perempuan dominan menggunakan visual, sedangkan gaya belajar mahasiswa laki-laki dominan menggunakan kinestetik. Nilai Indeks Prestasi semester 2 didapatkan dominan predikat memuaskan diikuti sangat memuaskan. Hasil uji statistik dengan Kruskal-Walis didapatkan tidak ada perbedaan bermakna dari prestasi akademik ditinjau dari jenis gaya belajar.

Simpulan: Menggunakan metode pembelajaran hibrida saat pandemi, jenis gaya belajar visual, auditorik dan kinestetik adalah yang terdeteksi pada mahasiswa semester 2, dan tidak ada perbedaan IPS ditinjau dari 3 gaya belajar tersebut.

Kata Kunci: gaya belajar, pembelajaran hibrida, prestasi akademik, VAK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, pembelajaran hibrida, prestasi akademik, VAK
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 26 Dec 2022 06:18
Last Modified: 26 Jan 2023 01:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10571

Actions (login required)

View Item View Item