Search for collections on Undip Repository

Hubungan Obesitas Sentral dengan Faktor Risiko Kardiometabolik pada Usia Dewasa Status Gizi IMT Normal di Indonesia: Analisis Riskesdas 2018

Kurnia Rohmani, Adiba and Syauqy, Ahmad and Probosari, Enny and Pramono, Adriyan Hubungan Obesitas Sentral dengan Faktor Risiko Kardiometabolik pada Usia Dewasa Status Gizi IMT Normal di Indonesia: Analisis Riskesdas 2018. -. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
Abstrak-Adiba.pdf

Download (158kB)

Abstract

Latar Belakang: Obesitas sentral dapat terjadi pada individu IMT normal. Prevalensi obesitas sentral pada individu IMT normal meningkat. Obesitas sentral pada IMT normal berhubungan dengan faktor risiko kardiometabolik.
Tujuan: Menganalisis hubungan obesitas sentral dengan faktor risiko kardiometabolik pada usia dewasa status gizi IMT normal di Indonesia.
Metode: Penelitian ini menggunakan data sekunder Riskesdas 2018 dengan desain cross-sectional. Jumlah sampel sebanyak 7.030 subjek IMT normal dengan usia 19-50 tahun. Data yang diambil meliputi pengukuran antropometri, tekanan darah, glukosa darah, profil lipid, serta wawancara demografi dan gaya hidup. Data dianalisis bivariat melalui Chi-Square dan multivariat melalui regresi logistik.
Hasil: Prevalensi obesitas sentral pada individu IMT normal sebanyak 15.08%. Prevalensi tersebut lebih tinggi pada usia 30-50 tahun dibandingkan usia 19-29 tahun dan prevalensinya lebih banyak pada perempuan. Obesitas sentral setelah adanya penyesuaian demografi dan gaya hidup berhubungan signifikan dengan hipertensi, kadar HDL rendah, kadar trigliserida tinggi, dan kadar trigliserida borderline pada laki-laki maupun perempuan, sedangkan obesitas sentral berhubungan signifikan dengan prehipertensi dan DM tipe 2 hanya pada perempuan.
Simpulan: Obesitas sentral berhubungan signifikan dengan beberapa faktor risiko kardiometabolik pada laki-laki maupun perempuan dewasa IMT normal.

Kata kunci: Obesitas sentral; IMT normal; faktor risiko kardiometabolik; lingkar perut

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:24
Last Modified: 26 Dec 2022 03:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10561

Actions (login required)

View Item View Item