Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TEMBALANG, KOTA SEMARANG /59/ADM.PUBLIK/2020

Riqi, Ega Aditya Alfa and Yuniningsih, Tri (2020) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TEMBALANG, KOTA SEMARANG /59/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER - Ega Aditya Alfa Riqi .pdf - Published Version

Download (336kB)
[img] Text
BAB I - Ega Aditya Alfa Riqi.pdf - Published Version

Download (495kB)
[img] Text
BAB II - Ega Aditya Alfa Riqi.pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text
BAB III - Ega Aditya Alfa Riqi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB IV - Ega Aditya Alfa Riqi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
BAB V - Ega Aditya Alfa Riqi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Ega Aditya Alfa Riqi.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN - Ega Aditya Alfa Riqi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)

Abstract

Program Indonesia Pintar, yang selanjutnya disebut PIP, adalah bantuan tunai pemerintah diberikan kepada pelajar yang orang tuanya tidak dan / atau kurang mampu membiayai pendidikan mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif metode kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana implementasinya Program Indonesia Pintar (PIP) di Sekolah Dasar Kecamatan Tembalang dan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi implementasinya dengan menggunakan keefektifan pelaksanaan kebijakan melalui “lima tepat” Riant Nugroho, yaitu: Pertama ketepatan kebijakan, Ketepatan Pelaksanaan, Ketepatan target, Ketepatan Lingkungan dan Ketepatan Proses. Rekomendasi yang diberikanadalahbahwalembagapelaksanaharuslebihbanyakbertanggungjawabuntukmengoordinasisekolahmenengahpertama dan bank penyalur, menjadi mampu memperhatikan sumberdaya manusia yang terlibat dalam program ini agar menjadi lebih memadai tidak hanya kuantitas tetapi juga kualitas, agen pelaksana harus dapat bersikap tegas dan ketat terhadap pelanggaran yang terjadi, untuk lingkungan sosial, terutama orang tua dari Program Indonesia Pintar penerima manfaat, harus lebih dipahami dan mematuhi ketentuan dan program teknis Indonesia Pintar.
Kata Kunci: Implementasi, Program Indonesia Pintar, Siswa Sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:00
Last Modified: 26 Dec 2022 03:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10556

Actions (login required)

View Item View Item