Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Sukun Terhadap Motilitas Spermatozoa Tikus Wistar Jantan Dengan Diabetes Melitus

Khairunnisa, Ulya Hasna and Ariani, Mahayu Dewi and Hermawati, Donna (2022) Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Sukun Terhadap Motilitas Spermatozoa Tikus Wistar Jantan Dengan Diabetes Melitus. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak)
Ulya Hasna Khairunnisa_22010118130097_KTI.pdf

Download (360kB)

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang: Penyakit sistemik seperti diabetes melitus mempunyai pengaruh yang besar terhadap sistem reproduksi pada pria. Penderita diabetes melitus mengalami hiperglikemi sehingga terjadi peningkatan Reactive Oxygen Spesies (ROS), menyebabkan stress oksidatif yang akan mengakibatkan penurunan kualitas spermatozoa. Daun dari tanaman sukun mempunyai zat yang dapat menjadi sumber antioksidan pada tubuh dalam bentuk flavonoid dipercaya mampu memberikan proteksi terhadap proses spermatogenesis.
Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun sukun (Artocapus atlitis) terhadap motilitas spermatozoa tikus wistar jantan (Rattus novergicus L.) dengan diabetes melitus.
Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian true experimental dengan rancangan desain post test only control group design. Sebanyak 24 ekor tikus wistar jantan diambil secara simple random sampling yang terbagi menjadi kontrol negatif (hanya diberikan pakan minum standar), kontrol positif (injeksi aloksan 120 mg/kgBB), perlakuan I (injeksi aloksan 120 mg/kgBB dan pemberian ekstrak daun sukun 100 mg/kgBB) dan perlakuan II (injeksi aloksan 120 mg/kgBB dan ekstrak daun sukun 400 mg/kgBB). Pemberian aloksan diberikan secara injeksi peritoneal, sedangkan daun sukun diberikan selama 30 hari per oral. Hari ke – 31, dilakukan terminasi pada tikus wistar jantan yang kemudian di Analisa presentasi motilitas spermatozoanya. Uji normalitas variable menggunakan uji Saphiro-Wilk dan uji hipotesa menggunakan One Way ANOVA yang dilanjutkan dengan uji Post Hoc.
Hasil: Rerata analisis terendah pada kelompok kontrol positif diakibatkan pemberian aloksan tanpa pemberian ekstrak daun sukun sehingga didapatkan motilitas spermatozoa yang lebih rendah dibanding dengan kontrol negatif
Simpulan: Motilitas spermatozoa lebih tinggi setelah diberikan aloksan pada tikus wistar dengan DM

Kata kunci: Diabetes Melitus, Ekstrak Daun Sukun, Motilitas Spermatozoa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Diabetes Melitus, Ekstrak Daun Sukun, Motilitas Spermatozoa
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 24 Dec 2022 06:13
Last Modified: 24 Dec 2022 06:13
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10524

Actions (login required)

View Item View Item