Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO KOTA SEMARANG / 53/ADM.PUBLIK/2020

Anggraini, Dewi and Warsono, Hardi (2020) EFEKTIVITAS PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO KOTA SEMARANG / 53/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)

Abstract

Efektivitas Pemberdayaan UMKM adalah pengukuran upaya yang dilakukan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarng kepada pelaku UMKM seperti pembinaan yang diberikan secara rutin karena mengembangkan usaha butuh waktu dan tenaga yang sangat besar untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberdayaan UMKM oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang dan mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pemberdayaan UMKM oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive dan validitas data menggunakan teknik trianggulasi sumber data. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aspek Tugas dan Fungsi sudah berjalan dengan baik sesuai pendelegasian wewenang dan kemampuan masing-masing pegawai. 2). Aspek Rencana dan Programperlu adanya program yang sangat diperlukan oleh pelaku UMKM. 3) Aspek Ketentuan dan Peraturan sesuai dengan Undang-Undang tentang Pemberdayaan UMKM.4) Aspek Tujuan dan Kondisi Ideal menjadikan pelaku UMKM melek akan perkembangan teknologi. Faktor pendukung: mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Pusat untuk pemberdayaan UMKM guna meningkatkan perekonomian dan mengurangi tingkat pengangguran yang terdapat di daerah, serta tersedianya potensi dan sumber daya yang mendukung. Faktor penghambat: masih lemahnya mindset para pelaku UMKM, kurangnya fasilitias yang sangat menunjang para pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha mereka, kurangnya SDM yang ada, masih rendahnya daya saing yang dimiliki para pelaku UMKM. Saran yang direkomendasikan yaitu perlunya pelatihan pengembangan kualitas UMKM, diberlakukan reward kepada pelaku UMKM, adanya pengawasan terhadap pelaku UMKM yang telah diberikan binaan dan pelatihan.
Kata kunci: Efektivitas, Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:43
Last Modified: 23 Dec 2022 02:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10483

Actions (login required)

View Item View Item