Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA SEMARANG NOMOR 4 TAHUN 2016 TENTANG PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DALAM PENCATATAN PENDUDUK NONPERMANEN DI KELURAHAN TEMBALANG /51/ADM.PUBLIK/2020

Rahmanto, Caroline Wynne and Hanani, Retna (2020) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA SEMARANG NOMOR 4 TAHUN 2016 TENTANG PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DALAM PENCATATAN PENDUDUK NONPERMANEN DI KELURAHAN TEMBALANG /51/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (472kB)
[img] Text
2. Bab 1.pdf - Published Version

Download (566kB)
[img] Text
3. Bab 2.pdf - Published Version

Download (784kB)
[img] Text
4. Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
5. Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (123kB)

Abstract

untuk mencari pekerjaan atau menempuh pendidikan dari daerah sekitar Kota Semarang yaitu Kedungsapur (Kendal, Demak, Ungaran, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga dan Purwodadi Kabupaten Grobogan) dan kota lainnya. Penduduk yang datang ke Kota Semarang lalu menetap lebih dari 30 hari dan tidak berniat untuk pindah disebut sebagai penduduk nonpermanen.Salah satunya Kelurahan Tembalang yang memiliki satu perguruan tinggi dan akademisi sehingga menyebabkan meningkatnya penduduk nonpermanen di Kelurahan Tembalang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kebijakan pencatatan penduduk nonpermanen, serta faktor apa saja yang mempengaruhi rendahnya implementasi kebijakan tersebut dengan menggunakan model implementasi kebijakan Mazmanian dan Sabatier serta faktor yang mempengaruhi kepatuhan menurut Bierstedt. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan akan dianalisis secara deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik secara wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pencatatan penduduk nonpermanen di Kelurahan Tembalang belum berjalan sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 4 Tahun 2016. Pencatatan penduduk nonpermanen di Kelurahan Tembalang masih rendah dan sangat sedikit yang melapor ke instansi pelaksana karena minimnya informasi yang diterima oleh penduduk nonpermanen.Rekomendasi penulis adalah melakukan sosialisasi lebih lanjut untuk memberitahu kegunaan serta membentuk kebiasaan di masyarakat. Selain itu mengajak pihak-pihak mitra yang terdiri dari pemilik kos dan universitas untuk bekerja sama dalam pencatatan penduduk nonpermanen.
Kata Kunci: Penduduk Nonpermanen, Pencatatan, Administrasi Kependudukan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:05
Last Modified: 23 Dec 2022 02:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10476

Actions (login required)

View Item View Item