Search for collections on Undip Repository

PENGARUH EDUKASI DENGAN METODE ROLE PLAY TERHADAP SIKAP, PENGETAHUAN, DAN PERILAKU PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 PADA SISWA

Kurniawan, Firman and Nugraheni, Arwinda and Wahyudi, Firdaus and Utami, Aras (2022) PENGARUH EDUKASI DENGAN METODE ROLE PLAY TERHADAP SIKAP, PENGETAHUAN, DAN PERILAKU PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 PADA SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (COVER)
Firman Ardhi Kurniawan-22010119120005-TESIS-COVER.pdf

Download (236kB)
[img] Text (BAB 1)
Firman Ardhi Kurniawan-22010119120005-TESIS-BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
Firman Ardhi Kurniawan-22010119120005-TESIS-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
Firman Ardhi Kurniawan-22010119120005-TESIS-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
Firman Ardhi Kurniawan-22010119120005-TESIS-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
Firman Ardhi Kurniawan-22010119120005-TESIS-BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
Firman Ardhi Kurniawan-22010119120005-TESIS-BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Penerapan protokol kesehatan COVID-19 masih didapatkan banyak siswa belum memiliki kesadaran terhadap protokol COVID-19. Metode Role Play adalah metode dilakukan dengan memilih beberapa siswa dari kelompok untuk memperagakan peranan tertentu.
Tujuan: Membuktikan pengaruh edukasi dengan Metode Role Play terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku protokol kesehatan COVID 19 siswa.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain Nonequivalent control group design yaitu desain yang memberikan pretest sebelum dikenakan perlakuan serta pemberian posttest pada masing-masing kelompok. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus 2022 di salah satu SD di Kabupaten Semarang. Sampel adalah 80 siswa dengan kriteria tertentu, dibagi secara acak menjadi 2 kelompok. Kelompok I diberi edukasi Protokol Kesehatan COVID-19 dengan metode roleplay, Kelompok II tidak diberi edukasi. Pada minggu pertama dilakukan pretest dan akhir minggu ke 2 dilakukan posttest. Uji statistik menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney
Hasil: Didapatkan peningkatan yang signifikan mean pengetahuan, sikap, dan perilaku dari pretest ke posttest (pengetahuan meningkat 22%, sikap 14%, perilaku 24%) pada kelompok perlakuan dengan p-value <0.001. Pada uji Mann-Whitney didapatkan perbedaan yang signifikan pada uji beda selisih kelompok perlakuan dengan nilai p-value <0.001 untuk pengetahuan, sikap, dan perilaku.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh yang signifikan antara edukasi dengan metode roleplay dengan tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku Protokol COVID-19 siswa.

Kata Kunci: Roleplay, pengetahuan,sikap, perilaku, Protokol COVID-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Roleplay, pengetahuan,sikap, perilaku, Protokol COVID-19
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:01
Last Modified: 23 Dec 2022 03:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10446

Actions (login required)

View Item View Item