Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Proprioceptive Neuromuscular Facilitation terhadap Fleksibilitas Tubuh pada Kelompok Umur 55 Tahun Keatas

Yahya, Hutomo and KUMAIDAH, ENDANG and Adyaksa, Gana (2022) Pengaruh Proprioceptive Neuromuscular Facilitation terhadap Fleksibilitas Tubuh pada Kelompok Umur 55 Tahun Keatas. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Pengaruh Proprioceptive Neuromuscular Facilitation terhadap Fleksibilitas Tubuh pada Kelompok Umur 55 Tahun Keatas)
Pengaruh Proprioceptive Neuromuscular Facilitation terhadap Fleksibilitas Tubuh pada Kelompok Umur 55 Tahun Keatas.pdf - Accepted Version

Download (231kB)

Abstract

Latar Belakang: Penyakit sendi/reumatik/encok adalah suatu penyakit inflamasi sistemik kronik pada sendi-sendi tubuh. Gejala klinik penyakit sendi/reumatik berupa gangguan nyeri pada persendian yang disertai dengan adanya penurunan fleksibilitas sehingga persendian terasa kaku dan sulit digerakkan yang timbul bukan karena terjadi kecelakaan Hal tersebut dikarenakan, penurunan fleksibilitas merupakan salah satu faktor utama yang meningkatkan risiko terjatuh Musculotendinous unit atau MTU terdiri dari dua komponen yaitu komponen kontraktil dan non-kontraktil. Teknik yang umumnya dilakukan untuk meningkatkan MTU ini berupa stretching atau peregangan tubuh. Pada saat ini perlu ditemukannya teknik stretching yang paling aman dan efektif untuk kalangan lansia dan pra-lansia.
Tujuan: Untuk untuk membuktikan pengaruh Proprioceptive Neuromuscular Facilitation (PNF) Stretching terhadap fleksibilitas pada kelompok umur 55 tahun keatas
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian adalah ekperimental dengan desain pre-test post-test with control group. Sampel penelitian ini adalah masyarakat Kota Semarang yang berdomisili di Kecamatan Banyumanik sebanyak 45 orang dengan teknik purposive sampling. Signifikansi data dilakukan dengan menggunakan uji Saphiro-Wilk
Hasil: Didapatkan adanya hasil terdapat suatu perubahan fleksibilitas tubuh berbentuk peningkatan ROM yang bersifat akut pada subjek yang melaksanakan Stretching PNF, terdapat perbedaan fleksibilitas tubuh yang dapat diukur antara kelompok subjek yang melaksanakan Stretching PNF dengan kelompok subjek control, serta stretching dapat mempengaruhi performa kekuatan otot secara signifikan pada kelompok subjek yang melaksanakannya.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh stretching PNF terhadap fleksibilitas tubuh yang diukur melalui pengukuran ROM dengan Goniometer, serta Stretching PNF dapat mempengaruhi kekuatan otot tubuh..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fleksibilitas, Lansia, Pra-lansia, Musculotendinous unit (MTU) ,Penyakit sendi, Proprioceptive Neuromuscular Facilitation Stretching (PNF), Range of Motion (ROM).
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 24 Dec 2022 04:50
Last Modified: 24 Dec 2022 04:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10434

Actions (login required)

View Item View Item