Nafitaningrum, Ayu and Astuti, Retno Sunu (2020) INOVASI LAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN (SKCK) DI WILAYAH HUKUM POLRESTABES KOTA SEMARANG /46/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
COVER.pdf - Published Version Download (501kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (744kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (513kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (886kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (842kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (124kB) |
Abstract
SKCK Online merupakan inovasi yang dibuat oleh Mabes Polri untuk diterapkan di jajaran kepolisian dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan SKCK.Namun berdasarkan data yang didapatkan, pengunga SKCK Online di Polrestabes Kota Semarang masih sangat sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana inovasi SKCK di wilayah hukum Polrestabes Kota Semarang dan menganalisis apa saja faktor yang menghambat penerapan inovasi SKCK di wilayah hukum Polrestabes Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Penelitian ini dianalisis dengan melihat melihat komponen pada SOP SKCK Polrestabes Kota Semarang yang meliputi persyaratan pelayanan, mekanisme dan prosedur, jangka waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk layanan, penanganan pengaduan dan saran, sarana prasarana, kompetensi pelaksana, jumlah pelaksana, jaminan pelayanan, jaminan keamanan produk dan menganalisis penghambat inovasi disektor publik milik Rogers dan Albury. Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi SKCK Online di Polrestabes Kota Semarang bahwa belum adanya kesesuaian pada mekanisme dan prosedur jangka waktu pelayanan, kompetensi pelaksana, jumlah pelaksana. Dan faktor penghambat penerapan inovasi SKCK Online di Kota Semarang dipengaruhi oleh ketergantungan berlebih pada high performers, teknologi tersedia, tetapi terhambat budaya atau organisasi, tidak adanya sebuah imbalan atau intensif, ketidak mampuan menghadapi resiko dan perubahan, anggaran jangka pendek dan perencanaan, serta dipengaruhi oleh faktor internal yaitu pandangan masyarakat. Saran yang diberikan adalah :membuat pembagian tugas dan tupoksi pada Sentra Pelayanan SKCK agar tidak terjadi kesan ”serabutan” karena pembagian kerja yang kurang jelas, perlu diadakan perekrutan pegawai, mengubah tampilan pada bukti print out pendaftaran online dengan memberi tanggal, memberikan pelatihan khusus pada seluruh petugas pelaksanaan SKCK Online, pemberian reward kepada petugas pelaksana SKCK Online, membuat loket khusus pengguna SKCK Online, menjalin kerjasama dengan Dispendukcapil, sosialisasi berkelanjutan mengenai SKCK Online
Kata Kunci : Inovasi, SKCK Online¸ Polrestabes Kota Semarang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 07:31 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 07:31 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10419 |
Actions (login required)
View Item |