Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN DURASI RATA-RATA DAN CARA PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN KEJADIAN DE QUERVAIN’S SYNDROME: STUDI PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Hidayat, Indra and Setiawati, Erna and Kesoema, Tanti Ajoe and Putri, Rahmi Isma Asmara (2022) HUBUNGAN DURASI RATA-RATA DAN CARA PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN KEJADIAN DE QUERVAIN’S SYNDROME: STUDI PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (333kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAPUS-LAMPIRAN)
DAPUS-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Smartphone dengan berbagai kelebihannya menyebabkan mayoritas orang-orang tidak dapat melepaskan diri dari perangkat yang dapat menyesuaikan segala kebutuhan mereka. Dengan berbagai kemudahan dan akses pada smartphone, menyebabkan durasi penggunaan smartphone sehari-hari turut meningkat pula yang tidak disadari dapat memberikan efek buruk pada kesehatan salah satunya De Quervain's Syndrome. De Quervain’s Syndrome adalah salah satu Repetitive Strain Injury yang terjadi pada ibu jari dan pergelangan tangan akibat aktivitas berulang yang mengakibatkan pembebanan atau trauma pada ibu jari dan pergelangan tangan.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara durasi rata-rata dan cara penggunaan smartphone dengan kejadian De Quervain's Syndrome pada mahasiswa Kedokteran Universitas Diponegoro.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain belah lintang. Penelitian ini melibatkan 113 subjek mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro yang dipilih berdasarkan consecutive sampling. Signifikansi data dilakukan dengan menggunakan uji Spearman.
Hasil: Didapatkan adanya hasil yang signifikan berkekuatan korelasi lemah antara durasi rata-rata penggunaan smartphone dengan kejadian DQS tangan kanan dari hasil DQST (p=0,011), tidak adanya hasil signifikan antara durasi rata-rata penggunaan smartphone dengan kejadian DQS tangan kiri dari hasil DQST (p=0,082), tidak adanya hasil signifikan antara cara penggunaan smartphone dengan kejadian DQS tangan kanan dari hasil DQST (p=0,193), dan tidak adanya hasil hubungan signifikan antara cara penggunaan smartphone dengan kejadian DQS tangan kanan dari hasil DQST (p=0,167).
Kesimpulan: Terdapat hubungan lemah antara durasi rata-rata penggunaan smartphone dengan kejadian DQS tangan kanan dari hasil DQST, namun tidak terdapat hubungan antara durasi rata-rata penggunaan smartphone dengan kejadian DQS tangan kiri dari hasil DQST pada mahasiswa Kedokteran Universitas Diponegoro dan Tidak terdapat hubungan antara cara penggunaan smartphone dengan kejadian DQS pada mahasiswa Kedokteran Universitas Diponegoro.
Kata Kunci: De Quervain's Syndrome, DQS, Smartphone, Nyeri, Durasi Penggunaan Smartphone, Cara Penggunaan Smartphone, Ibu Jari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: De Quervain's Syndrome, DQS, Smartphone, Nyeri, Durasi Penggunaan Smartphone, Cara Penggunaan Smartphone, Ibu Jari.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:07
Last Modified: 23 Dec 2022 02:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10407

Actions (login required)

View Item View Item