Search for collections on Undip Repository

Gambaran Kesadaran Budaya Mahasiswa Profesi Ners dan Tenaga Pendidik Melalui Persepektif Mahasiswa Profesi Ners Universitas Diponegoro.

Mu'asyaroh, Khurriyyatul and Sulisno, Madya (2022) Gambaran Kesadaran Budaya Mahasiswa Profesi Ners dan Tenaga Pendidik Melalui Persepektif Mahasiswa Profesi Ners Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf

Download (935kB)
[img] Text
BAB 1 LB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
BAB 2 TP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
BAB 3 MP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
BAB 4 HP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
BAB 5 Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
BAB 6 KS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (330kB)
[img] Text
Lampiran-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kesadaran budaya dianggap sebagai kunci dalam mencapai kompetensi budaya melalui proses mengkaji budayanya sendiri serta mengidentifikasi pengaruhnya terhadap pemikiran tentang budaya lain. Institusi pendidikan keperawatan memiliki peran penting untuk mengembangkan kesadaran budaya mahasiswa agar kelak mampu memberikan perawatan pada pasien dari berbagai latar belakang budaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kesadaran budaya pada mahasiswa dan tenaga pendidik melalui perspektif mahasiswa profesi ners Universitas Diponegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisa deskriptif. Sampel diambil melalui teknik total sampling dengan total responden 125 mahasiswa aktif program profesi ners Universitas Diponegoro. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner Cultural Awareness Scale yang terdiri dari 36 pernyataan berskala likert. Hasil penelitian menunjukkan kesadaran budaya mahasiswa dan tenaga pendidik memiliki mean 196,10±19,144. Mean tertinggi diperoleh pada aspek pengalaman pendidikan umum dan isu-isu klinik. Sedangkan mean terendah berada pada aspek isu-isu riset. Pengukuran berdasarkan karakteristik responden menunjukkan terdapat hasil yang lebih tinggi pada karakteristik program mahasiswa. Kesadaran budaya dalam penelitian ini, khususnya aspek isu-isu riset dapat ditingkatkan dengan kontribusi kampus dalam mendorong partisipasi mahasiswa maupun dosen dalam penelitian. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai evaluasi bagi institusi dan mahasiswa atas kesadaran budaya yang dimiliki, serta pertimbangan apabila terdapat program mengenai peningkatan kesadaran budaya ke depannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nursing
Depositing User: S.Hum Bekti Iskandar
Date Deposited: 20 Dec 2022 06:37
Last Modified: 20 Dec 2022 06:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10287

Actions (login required)

View Item View Item