Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO SELAMA PEMBELAJARAN CAMPURAN AKIBAT PANDEMI COVID-19

Sulistiyono, Syafira Diena and Sakti, Hastaning (2022) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO SELAMA PEMBELAJARAN CAMPURAN AKIBAT PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
ABSTRAK PDF.pdf

Download (65kB)

Abstract

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO SELAMA PEMBELAJARAN CAMPURAN AKIBAT PANDEMI COVID-19

Diena Syafira Sulistiyono
Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang
Email: dienasfra@gmail.com

ABSTRAK
Regulasi diri dalam belajar berperan penting bagi mahasiswa, mahasiswa harus dituntut untuk lebih mandiri, mengevaluasi dan harus bisa menentukan hasil belajar nya yang optimal, karena pembelajaran di perguruan tinggi berbeda dengan di sekolah menengah atas, terlebih pergantian masa pembelajaran di era pandemi Covid-19 sangatlah berbeda dengan pembelajaran sebelum adanya pandemi Covid-19. Regulasi diri dalam belajar dapat dipengaruhi faktor oleh lingkungan yaitu dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa Universitas Diponegoro selama pembelajaran campuran akibat pandemi Covid- 19 dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah 10.190 mahasiswa Universitas Diponegoro Angkatan 2021 dengan jumlah sampel sebanyak 336 mahasiswa. Sampel ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan skala regulasi diri dalam belajar (17 aitem, a = 0,982) dan dukungan sosial teman sebaya (13 aitem, a = 0, 937). Analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi Spearman’s Rho, yang kemudian dibantu SPSS diperoleh nilai koefisien korelasi 0,417 dengan nilai signifikansi P = 0,000 (p<0,05). Hasil koefisien korelasi menunjukan adanya korelasi positif yang cukup antara kedua variabel penelitian. Hal ini berarti semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya maka semakin tinggi pula regulasi diri dalam belajar mahasiswa.
Kata Kunci: Dukungan sosial teman sebaya, regulasi diri dalam belajar, pandemi Covid-19.

THE RELATIONSHIP BETWEEN PEER SOCIAL SUPPORT WITH SELF REGULATED LEARNING AT DIPONEGORO UNIVERSITY STUDENTS DURING MIXED LEARNING DUE TO THE COVID-19 PANDEMIC

Diena Syafira Sulistiyono
Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang
Email: dienasfra@gmail.com

ABSTRACT
Self-regulation in learning plays an important role for students, students must be required to be more independent, evaluate and must be able to determine optimal learning outcomes, because learning in tertiary institutions is different from in high schools, especially the change of learning period in the era of the Covid-19 pandemic is very different from learning before the Covid-19 pandemic. Self-regulation in learning can be influenced by environmental factors, namely peer social support. This study aims to determine the relationship between peer social support and self-regulation in learning among Diponegoro University students during mixed learning during due to the Covid-19 pandemic using quantitative research methods. The research population was 10,190 students at Diponegoro University Class of 2021 with a total sample of 336 students. The sample is determined by the Cluster Random Sampling technique. Collecting data using a scale of self-regulation in learning (17 item, a = 0.982) and peer social support (13 item, a = 0.937). The data analysis used was the Spearman's Rho correlation test, which was then assisted by SPSS to obtain a correlation coefficient of 0.417 with a significance value of P = 0.000 (p <0.05). The results of the correlation coefficient show that there is a sufficient positive correlation between the two research variables. This means that the higher the peer social support, the higher self-regulation in student learning.

Keyword: Peer group social support, self regulated learning, the Covid-19 pandemic.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:04
Last Modified: 02 Feb 2024 08:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10257

Actions (login required)

View Item View Item