Search for collections on Undip Repository

Analisis Aktivitas Antioksidan, Total Flavonoid dan Mutu Organoleptik Minyak Wijen Beraroma Jeruk

Septiarini, Dyah Rachma and Ayustaningwarno, Fitriyono and Purwanti, Rachma and Wijayanti, Hartanti Sandi Analisis Aktivitas Antioksidan, Total Flavonoid dan Mutu Organoleptik Minyak Wijen Beraroma Jeruk. -. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
Abstrak-Dyah Rachma.pdf

Download (196kB)

Abstract

Latar belakang : Aromatized oil atau minyak beraroma yaitu produk olahan minyak nabati dengan tambahan bahan-bahan aromatik alami kaya fitokimia belakangan banyak diminati sebagai salah satu alternatif makanan tinggi antioksidan. Penelitian kali ini menggunakan bahan baku minyak wijen, buah jeruk limau, jeruk purut dan jeruk nipis untuk menghasilkan minyak wijen beraroma jeruk.
Tujuan : Mengetahui pengaruh penambahan buah jeruk ke dalam minyak wijen terhadap aktivitas antioksidan, total senyawa flavonoid dan mutu organoleptik minyak wijen.
Metode : Penelitian Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu fakor yaitu penambahan jeruk. Uji aktivitas antioksidan dilakukan dengan metode DPPH, uji total flavonoid dilakukan dengan metode kolorimetri dan uji mutu organoleptik dilakukan dengan uji hedonik dan uji organoleptik deskriptif. Analisis data uji aktivitas antioksidan dan total senyawa flavonoid menggunakan uji One-way ANOVA dan uji lanjut Tukey. Analisis data uji mutu organoleptik menggunakan uji Kruskall-Wallis dan uji lanjut Mann Whitney.
Hasil : Peningkatan signifikan (p<0,0001) dari sampel perlakuan ke sampel kontrol pada atribut ‘rasa jeruk’ dan ‘aroma jeruk’, penurunan signifikan (p<0,001) dari sampel kontrol ke sampel perlakuan pada atribut ‘rasa wijen’ dan ‘aroma wijen’ namun tidak signifikan pada ‘warna hijau’(0,842). Perbedaan yang signifikan pada atribut ‘hedonik warna’ (p=0,009) dan penurunan signifikan (p=0,007) pada atribut ‘hedonik rasa’ namun tidak signifikan pada ‘hedonik aroma’ (p=0,917). Peningkatan signifikan (p=0,001) pada aktivitas antioksidan dan penurunan signifikan (p=0,001) pada total senyawa flavonoid.
Simpulan : Penambahan buah jeruk i dapat meningkatkan aktivitas antioksidan dan menurunkan kadar total senyawa flavonoid minyak wijen. Penambahan jeruk menambahkan citarasa baru ke dalam minyak yaitu aroma jeruk dan rasa jeruk serta berpengaruh terhadap kesukaan warna dan menurunkan kesukaan rasa. Formulasi terbaik yang direkomendasikan yaitu penambahan jeruk limau sebesar 140% (P1Q3).
Kata kunci : Minyak beraroma, aktivitas antioksidan, total flavonoid, uji organoleptik.

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 19 Dec 2022 08:21
Last Modified: 19 Dec 2022 08:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10250

Actions (login required)

View Item View Item