Search for collections on Undip Repository

PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH SEBAGAI UPAYA PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI KABUPATEN SEMARANG (Studi di Bank Sampah Soka Resik, Dusun Soka, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat,Kabupaten Semarang) /33/ADM.PUBLIK/2020

Setyarini, Shanaz Vindi and Subowo, Ari (2020) PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH SEBAGAI UPAYA PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI KABUPATEN SEMARANG (Studi di Bank Sampah Soka Resik, Dusun Soka, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat,Kabupaten Semarang) /33/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (845kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (701kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (868kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembangunan berkelanjutan merupakan acuan dalam segala bidang pembangunan di Indonesia, termasuk pada sektor lingkungan. Kelestarian lingkungan sendiri merupakan salah satu tujuan dari pembangunan berkelanjutan, namun pada saat yang bersamaan juga merupakan salah satu masalah yang krusial didalam perkembangan masyarakat modern. Salah satu permasalahannya adalah sampah. Oleh karenanya, dibentuklah Bank Sampah sebagai upaya pengelolaan sampah berbasis pemberdayaan masyarakat. Pengelolaan sampah melalui program Bank Sampah ini juga dilakukan di Kabupaten Semarang sebagai upaya pembangunan berkelanjutan. Salah satunya di Bank Sampah Soka Resik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain dengan: observasi, wawancara dan dokumen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Bank Sampah sudah membantu mengurangi pasokan sampah di TPA dan mendata timbunan sampah anorganik yang terkelola. Pemerintah Daerah pun memberikan dukungan berupa edukasi, pendampingan, pembinaan serta monitoring dan sarana prasarana. Bank Sampah Soka Resik juga berdampak signifikan pada aspek lingkungan, namun masih perlu peningkatan pada aspek sosial dan ekonomi. Saran yang dapat diberikan adalah edukasi secara kontinu dan persisten dari berbagai pihak untuk merubah mindset masyarakat secara masif, terutama dengan memberi contoh. Serta pengajuan bantuan pada Lembaga Non-Pemerintah dan pembentukan UMKM yang menjual kerajinan dari kegiatan recycle.

Kata Kunci: Evaluasi Kebijakan, Bank Sampah, Pembangunan Berkelanjutan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 19 Dec 2022 07:45
Last Modified: 19 Dec 2022 07:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10242

Actions (login required)

View Item View Item