Search for collections on Undip Repository

Hubungan Durasi Belajar dan Posisi Duduk Selama Pembelajaran Daring dengan Kejadian Nyeri Leher dan Disabilitas Leher

Chrysillia, Devina and Nugroho, Teddy Wahyu and Julianti, Hari Peni and Utami, Aras (2022) Hubungan Durasi Belajar dan Posisi Duduk Selama Pembelajaran Daring dengan Kejadian Nyeri Leher dan Disabilitas Leher. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (114kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (DAPUS-LAMPIRAN)
DAPUS-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang: Nyeri leher merupakan gangguan muskuloskeletal pervasif dan menduduki peringkat keempat penyebab kecacatan di seluruh dunia. Nyeri leher yang tidak segera ditangani dapat berkembang menjadi disabilitas leher. Pandemi COVID-19 yang telah berlangsung sejak tahun 2020 membuat para pelajar di Indonesia harus melakukan pembelajaran secara daring. Belum semua pelajar dapat menerapkan durasi belajar dan posisi duduk yang ergonomis ketika menggunakan gadget. Masyarakat di Pulau Jawa memiliki proporsi kepemilikan gadget tertinggi dibandingkan dengan pulau lain.
Tujuan: Menganalisis hubungan antara durasi belajar, posisi duduk, dan waktu istirahat selama pembelajaran daring dengan kejadian nyeri leher dan disabilitas leher pada pelajar tingkat SMA.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan desain belah lintang. Responden penelitian adalah 256 pelajar tingkat SMA di Kota Magelang, dengan teknik sampling consecutive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Questionnaire on Body Awareness of Postural Habits in Young People, Numerical Rating Scale, dan kuesioner Neck Disability Index. Analisis statistik dilakukan dengan IBM SPSS Statistics menggunakan uji Chi-Square. Hasil dianggap signifikan jika nilai p<0,05.
Hasil: Hasil uji hubungan durasi belajar dengan nyeri leher sebesar p=0,178, hubungan durasi belajar dengan disabilitas leher sebesar p=0,083, hubungan posisi duduk dengan nyeri leher sebesar p=0,028, hubungan posisi duduk dengan disabilitas leher sebesar p=0,009, hubungan waktu istirahat dengan nyeri leher sebesar p=0,013, dan hubungan waktu istirahat dengan disabilitas leher sebesar p=0,000.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara posisi duduk dan waktu istirahat serta tidak terdapat hubungan antara durasi belajar selama pembelajaran daring dengan kejadian nyeri leher dan disabilitas leher pada pelajar tingkat SMA.
Kata kunci: nyeri leher; disabilitas leher; durasi belajar; posisi duduk; pembelajaran daring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: nyeri leher; disabilitas leher; durasi belajar; posisi duduk; pembelajaran daring
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 18 Dec 2022 22:05
Last Modified: 18 Dec 2022 22:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10212

Actions (login required)

View Item View Item