Search for collections on Undip Repository

EVALUASI PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) DI KELURAHAN JABUNGAN KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG /29/ADM.PUBLIK/2020

Malau, Riwana and Sulandari, Susi (2020) EVALUASI PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) DI KELURAHAN JABUNGAN KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG /29/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER .pdf - Published Version

Download (640kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (737kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (796kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (301kB)

Abstract

Program Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi Berbasis masyarakat bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi Program PAMSIMAS di Kelurahan Jabungan untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan program dan faktor apa sajayang mempengaruhi dan seperti apa pengaruhnya dalam Program PAMSIMAS. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang merupakan penelitian yang dirancang untuk membantu penulis dalam mengungkapkan masalah yang spesifik pada evaluasi Program PAMSIMAS di Kelurahan Jabungan.Dalam evaluasi ini menggunakan enam kriteria yaitu efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas dan ketepatan. Adapun faktor mempengaruhi program ada empat yaitu komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi.Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa dan Program PAMSIMAS di Kelurahan Jabungan masih ditemui banyak kekurangan. Seiring berjalannya waktu terjadi penurunan terhadap pelayanan akses air bersih dan sanitasi pada masyarakat. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur. Program PAMSIMAS di Kelurahan Jabungan perlu diperbaiki lagi dengan cara sosialisasi kegiatan PAMSIMAS pada masyarakat sehingga rasa memiliki sarana dan prasarana akan semakin bertambah, penambahan jumlah sumur baru dengan bekerjasama dengan konsultan, pemerintah kota maupun pihak Asosiasi PAMSIMAS lebih memperhatikan partisipasi dan peran serta BPSPAM dan masyarakat dalam kegiatan-kegiatan program PAMSIMAS . Untuk program PAMSIMAS selanjutnya, ada baiknya organisasi pelaksana, pemerintah daerah, dan masyarakat memiliki koordinasi yang baik dan terbuka, serta menjalankan tugas-fungsi yang sudah ditetapkan sehingga terjadi koordinasi yang baik dan tercapainya tujuan PAMSIMAS.

Kata Kunci: Evaluasi, PAMSIMAS, Air bersih, Sanitasi, Faktor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 16 Dec 2022 09:08
Last Modified: 16 Dec 2022 09:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10193

Actions (login required)

View Item View Item