Nurhayati, Rini and Kismartini, Kismartini (2020) KUALITAS PELAYANAN KARTU TANI DI KECAMATAN GUNUNGWUNGKAL, KABUPATEN PATI, PROVINSI JAWA TENGAH / 28/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
Cover.pdf - Published Version Download (579kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (845kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (386kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (331kB) |
Abstract
Penerapan program Kartu Tani merupakan salah satu betuk perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan para petani di Indonesia. Kartu Tani sendiri mulai diterapkan tahun 2016 di Jawa Tengah dan mulai menjadi program nasional pada tahun 2017. Kartu Tani merupakan bentuk pelayanan publik khususnya petani yang fungsi utamanya adalah sebagai kartu yang digunakan dalam pembelian pupuk bersubsidi. Pelaksanaan pelayanan Kartu Tani pada tingkatan paling dasar dilaksanakan oleh BPP (Balai Penyuluh Pertanian) yang bekerjasama dengan Bank BRI dan pengecer pupuk. BPP Kecamatan Gunungwungkal merupakan pelaksana pelayanan Kartu Tani di bawah Dinas Pertanian Kabupaten Pati. Terdapat beberapa permasalahan yang peneliti temukan dalam pelayanan Kartu Tani di Kecamatan Gunungwungkal, yaitu belum semua petani memiliki Kartu Tani, lamanya pembuatan Kartu Tani, adanya pembatasan lahan sebanyak 2 hektar, dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan Kartu Tani dan faktor penghambat pelayanan Kartu Tani yang berkualitas di Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah pelayanan Kartu Tani di Kecamatan Gunungwungkal belum dapat dikatakan berkualitas, hal ini dikarenakan terdapat berbagai permasalahn pelayanan seperti kurang lengkapnya sarana dan prasarana pelayanan di BPP Kecamatan Gunungwungkal, kurangnya kecermatan petugas, penyimpangan aturan pembatasan lahan oleh petani, tidak ada saldo awal dari pemerintah dalam Kartu Tani, keuntungan penggunaan Kartu Tani masih dirasa kurang oleh petani, tidak adanya partisipasi petani dalam penyusunan aturan Kartu Tani, proses percetakan Kartu Tani yang lama, dan lain sebagainya. Rekomendasi yang dapat peneliti berikan diantaranya mengajukan pengadaan wifi ke Dinas Pertanian Kabupaten Pati, penerapan sistem pengambilan kartu saat pertemuan kelompok, pengecekan ulang data petani sebelum input ke dalam SIMPI, penambahan jumlah pengecer pupuk, dan sebagainya.
Kata Kunci : Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Kartu Tani.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 16 Dec 2022 08:55 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 08:55 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10192 |
Actions (login required)
View Item |