Afifa, Raafinda Nur and Subowo, Ari (2020) Implementasi Program Pendidikan Inklusif di Provinsi DKI Jakarta (Studi di SD Negeri Meruya Selatan 06 Pagi) /26/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
COVER.pdf - Published Version Download (781kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (686kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (592kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (562kB) |
Abstract
Pendidikan inklusif menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 70 Tahun 2009 adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana implementasi programpendidikan inklusif di SD Negeri Meruya Selatan 06 Pagi dan mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi program pendidikan inklusif menurut Edward III yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan informan dari pihak pengelola programpendidikan inklusi, Staff Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Pihak penyelenggara program pendidikan inklusi, SD Negeri Meruya Selatan 06 Pagi; pihak penerima program pendidikan inklusi, orang tua peserta didik berkebutuhan khusus. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi programpendidikan inklusif di SD Negeri Meruya Selatan sudah berjalan dengan baik namun masih ditemui beberapa hambatan yaitu adanya daya tampung yang berlebih, sosialisasi dalam pelaksanaan prosedur penerimaan peserta didik baru, belum sepenuhnya disertakan tenaga professional dalam pelaksanaan identifikasi dan asesmen, kurangnya staff tata usaha, dan bangunan yang belum ramah difabel. Saran yang diberikan untuk meningkatkan implementasi programpendidikan inklusif di SD Negeri Meruya Selatan 06 Pagi yaitu melakukan sosialisasi langsung terkait dengan jadwal pelaksanaan prosedur penerimaan peserta didik baru ke masyarakat sekitar,menyertakan tenaga professional dalam pelaksanaan identifikasi dan asesmenbagi peserta didik berkebutuhan khusus, melakukan analisis beban kerja bagi Guru Pembimbing Khusus dan tenaga TU dan pengajuan akses bangunan yang ramah disabilitas.
Kata Kunci : Implementasi, Program, Pendidikan Inklusif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 16 Dec 2022 08:31 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 08:31 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10187 |
Actions (login required)
View Item |