Search for collections on Undip Repository

STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN AGROPOLITAN DI KABUPATEN TEMANGGUNG (Studi Kasus Pengembangan Kawasan Agropolitan Pringsurat di Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung) /15/ADM.PUBLIK/2020

Permanasari, Ika Riyani and Hidayat, Zainal (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN AGROPOLITAN DI KABUPATEN TEMANGGUNG (Studi Kasus Pengembangan Kawasan Agropolitan Pringsurat di Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung) /15/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (627kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (557kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (803kB)

Abstract

Penetapan Kawasan Agropolitan adalah salah satu bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Temanggung terhadap pembangunan pedesaan melalui langkah-langkah manajemen strategis dalam membuat strategi untuk mengembangkan Kawasan Agropolitan di Kabupaten Temanggung. Pengembangan Wilayah Agropolitan adalah strategi yang dibuat oleh Dinas Pertanian, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung untuk mendorong kegiatan sektor pertanian dan komplemennya di wilayah pedesaan sebagai solusi untuk pembangunan yang tidak seimbang antara daerah pedesaan dan perkotaan. Terdapat beberapa permasalahan yang peneliti temukan dalam Pengembangan Kawasan Agropolitan di Kecamatan Pringsurat, yaitu belum memiliki dampak signifikan dalam pertanian dan adanya penetapan sebagai pengembangan kawasan industri yang akan saling mempengaruhi dengan lahan pertanian atas penggunaan lahan dan pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Pengembangan Wilayah Agropolitan di Kabupaten Temanggung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang telah disusun oleh Dinas Pertanian, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik pegawai, penyuluh dan petani, memberikan bantuan sarana prasarana pertanian, peningkatan infrastruktur, peningkatan teknologi pertanian, dan memperkuat kelembagaan kelompok tani. Berdasarkan pada analisis isu strategis yang dilakukan, maka muncul strategi alternatif yaitu peningkatan produktivitas pertanian melalui peningkatan kualitas sumber daya petani, pengembangan pengolahan komoditas unggul pertanian melalui peningkatan fasilitas dan sarana prasarana yang memadai, pemanfaatan letak yang strategis dalam peningkatan pemasaran hasil pertanian, peningkatan kerja sama antar stakeholder dalam bidang cuaca dan iklim untuk membantu petani dalam memprediksi kesesuaian cuaca dan iklim dengan komoditas pertanian, peningkatan pemantauan terhadap dampak adanya kawasan industri terhadap pertanian, mengoptimalkan anggaran untuk peningkatan produktivitas dan pengolahan hasil pertanian, peningkatan sarana dan prasarana pertanian yang memadai untuk semua bidang pertanian, penguatan kelembagaan kelompok tani untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam bidang pertanian, dan peningkatan kerja sama antara stakeholder terkait sesuai dengan peran masing – masing pihak.
Kata Kunci : Manajemen Strategis, Strategi, Agropolitan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:10
Last Modified: 16 Dec 2022 03:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10167

Actions (login required)

View Item View Item