Search for collections on Undip Repository

Pengukuran Kinerja Organisasi BPSPAMS menggunakan Indikator Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCFPE) padaProgram PAMSIMAS di Desa Purwosari, Wonoboyo, Temanggung /11/ADMI.PUBLIK/2020

Arika, Dhita and Rahman, Amni Zarkasyi (2020) Pengukuran Kinerja Organisasi BPSPAMS menggunakan Indikator Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCFPE) padaProgram PAMSIMAS di Desa Purwosari, Wonoboyo, Temanggung /11/ADMI.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Ketersediaan air bersih merupakan kebutuhan pokok masyarakat, hal tersebut diwujudkan oleh pemerintah lewat Program PAMSIMAS yang pengelolanya dilakukan oleh masyarakat. Penelitian sebelumnya tentang program tersebut rata-rata meneliti evaluasi porgram, partisipasi masyarakat dalam program, dan efektivitas programnya. Penelititan tentang kinerja dari organisasi yang berangkat dari masyarakat sebagai pengurus program masih jarang ditemukan. Oleh karena itu menarik penulis untuk mentliti kinerja BPSPAMS yang menjadi badan atauorganisasi yang melakukan pengelolan sarana air bersih yang sudah terbangun dan merupakan organisasi yang sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan operasional program. Tujuan penelitian untuk mengetahui kinerja organisasi BPSPAMS pada Program PAMSIMAS di Desa Purwosari, Wonoboyo, Temanggung dengan upaya untuk menjawab permasalahan adalah dengan mengukur kinerja Organisasi BPSPAMS menggunakan indikator Malclom Baldrige for Performance Excellence yang terdiri dari 7 indikator yaitu Kepemimpinan, Perencanaan Strategis, Fokus pada Masyarakat, Sisitem Informasi dan Manajemen Pengetahuan, Fokus Tim, Fokus Operasional, dan Hasil Kerja. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah Anggota Organisasi BPSPAMS di Desa Purwosari, Wonoboyo, Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan menggukan penentuan kelas interval dan perhitungan bobot tiap indikator.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja organisasi tersebut berjalan dengan baik. hal tersebut karena pelayanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sudah terdapat perencanaan pengembangan yang baik, pengetahuan anggota sudah sesuai dengan keadaan lapangan, dan hubungan masyarakat dengan anggota sesuai dengan nilai etis dan kesopanan. Meskipun ditemukan permasalahan pada internal kenaggotaan yaitu pemimpin dan banyaknya anggota yang tidak aktif menjalankan tugas dan fungsinya, sertaminimnya pemasukan organisasi yang menhambat pemenuhan kebutuhan operasional organisasi. Disarankan untuk melakukan reorganisasi, dan kerjasama dengan pihak yang dapat membantu kebutuhan finansia, serta untuk tidak menggunakan indikator Malclom Baldrige for Performance Excellence dalam lingkup pengukuran kinerja pada organisasi tingkat desa.

Keywords : Kinerja; Organisasi; Program

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 16 Dec 2022 02:21
Last Modified: 16 Dec 2022 02:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10163

Actions (login required)

View Item View Item