Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS KINERJA DINAS PENDIDIKAN DALAM PELAKSANAAN SISTEM ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI KOTA SEMARANG /04/ADM.PUBLIK/2020

Leoni, Agnes Dwi and Lestari, Hesti (2020) EFEKTIVITAS KINERJA DINAS PENDIDIKAN DALAM PELAKSANAAN SISTEM ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI KOTA SEMARANG /04/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (554kB)
[img] Text
BAB I .pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (710kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)

Abstract

Pemerataan pendidikan menjadi salah satu usaha pemerintah dalam memajukan Indonesia dibidang pendidikan yang banyak wujudnya. Salah satunya dengan menerapkan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru. Sistem zonasi ini muncul sebagai wujud pemerataan pendidikan dan untuk menghapus stigma masyarakat akan adanya sekolah favorit, dengan adanya sistem zonasi ini diharapkan semua sekolah memiliki kualitas yang sama dan tidak ada lagi sekolah favorit bahwa semua sekolah itu favorit. Tentunya dengan penerapan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru tidak dipungkiri akan menimbulkan banyak pro dan kontra yang muncul dari berbagai pihak dan juga masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru di Dinas Pendidikan Kota Semarang dan menganalisis faktor penghambat efektivitas sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru di Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif tipe deskriptif dengan teknik pengumpulan data telaah dokumen, observasi dan wawancara. Kriteria efektivitas yang digunakan ialah pencapaian tujuan, adaptasi dan integrasi. Selain itu dilihat dari faktor penghambat efektivitas organisasi. Hasil penelitian menunjukkan proses pencapaian tujuan, adaptasi dan integrasi belum efektif, karena masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Faktor penghambat keefektifan organisasi adalah belum adanya alur kerja yang mengatur dalam pembagian pekerjaan, masih terjadinya kontra dari masyarakat dan peran yang dimiliki pegawai terjadi tumpang tindih. Saran yang dapat diberikan adalah meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat, meningkatkan intensitas pelatihan dan pendidikan kepada tim panitia sekolah dan juga pegawai Dinas Pendidikan Kota Semarang dan dalam pembagian kerja diperlukan membuat alur kerja guna tercapainya efektivitas sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru.

Kata Kunci : Efektivitas, Sistem Zonasi, Penerimaan Peserta Didik Baru, Pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 15 Dec 2022 06:37
Last Modified: 15 Dec 2022 07:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10137

Actions (login required)

View Item View Item