Search for collections on Undip Repository

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA LEREP KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) GERBANG LENTERA /89/PEM/2020

Sari, Dwi Inda and kushandajani, kushandajani (2020) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA LEREP KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) GERBANG LENTERA /89/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (670kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (533kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Desa diharapkan memiliki sebuah lembaga yang dapat memberdayakan masyarakat serta peningkatan ekonomi dan Pendapatan Asli Desa. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yaitu sebuah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat desa.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk pemberdayaan masyarakat desa yang dilakukan melalui unit usaha BUMDes dan menganalisa faktor-faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan masyarakat dan bagaimana dampak pengembangan unit usaha yang dijalankan BUMDes terhadap suatu Desa utamanya dalam memberikan kesejahteraan kepada masyarakat lokal melalui pemberdayaan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data berupa Wawancara dan Dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan Analisis Interpretasi Data, Teori, dan Sumber Data.
Temuan penelitian ini adalah bahwa Pemberdayaan Masyarakat Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Gerbang Lentera, cukup berjalan dengan baik, hal tersebut dilihat dari unit usaha yang dijalankan dan potensi wisata yang adadi kemas dan dikelola menjadi sebuah bentuk pemberdayaan masyarakat melalui BUMDesdijadikan paket wisata. Adanya kerjasama yang dilakukan dengan pihak ketiga dan pelatihan-pelatihan agar potensi yang ada dan unit usaha yang dijalankan semakin berkembang. Adapun faktor pendukungnya adalah partisipasi masyarakat yang aktif, dukungan pemerintah, serta potensi sumber daya alam yang memadai sedangkan untuk hambatan yang dihadapi belum adanya pelatihankhusus yang diadakan dari pihak pengurus untuk mengembangkan kemandirian warga,terbatasnya dana untuk mengembangkan unit usaha yang dijalankan, dan terbatasnya SDM dalam pengelolaan BUMDes. Pemberdayaan yang dilakukan melalui unit usaha yang dijalankan pihak BUMDes berdampakpada 2 sektor. Sektor ekonomi berdampak pada meningkatnya penghasilan masyarakat Desa Lerep dan terbukanya lapangan kerja, dan dampak sosial yang dirasakan adanya promosi mengenai desa wisata lerep, study banding yang dilakukan desa lain untuk berkunjung ke Desa Wisata Lerep mengenai pengelolaan BUMDes dan adanya pelatihan yang diberikan pihak lain kepada masyarakat Desa Lerep agar semakin berkembang dan mampu mengelola potensi yang ada.
Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 14 Dec 2022 08:20
Last Modified: 14 Dec 2022 08:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10106

Actions (login required)

View Item View Item