Search for collections on Undip Repository

Analisis Penerapan Model Anjas Go Clear (Aplikasi Normatif Jabatan Struktural Government Clear) Di Kota Bogor / 82/PEM/2020

Lucky, Yeremia Marudut My and SULISTYOWATI, SULISTYOWATI (2020) Analisis Penerapan Model Anjas Go Clear (Aplikasi Normatif Jabatan Struktural Government Clear) Di Kota Bogor / 82/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover Skripsi Yeremia.pdf - Published Version

Download (858kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (708kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (967kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (446kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi mendorong terwujudnya pelayanan publik yang baik di kota atau di daerah - daerah yang biasa dikenal dengan konsep e-Government (Electronic Govrnment). Terobosan dan inovasi yang dilakukan Pemerintah Kota Bogor salah satunya adalah Aplikasi Normatif Jabatan Struktural Government – Clear. Aplikasi pertama di Indonesia ini dinamakan (Anjas Go Clear) yang resmi diluncurkan oleh Badan Kepagawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA). Inovasi Kebijakan ini muncul dari adanya permasalahan utama terkait dengan ketidaksesuaian antara kompetensi pegawai dengan jabatan yang diduduki. Pendistribusian pegawai yang tidak sesuai dengan keadaan dan kondisi kebutuhan nyata suatu organisasi yang disebebkan oleh intervensi yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang untuk melakukan penempatan pegawai atau pejabat yang tidak sesuai dengan kualifikasi, kompetensi, dan kinerjanya.di lingkungan Pemerintah Kota Bogor hal ini juga menjadi sebuah permasalahan yang dihadapi dalam penempatan jabatan yang menyebabkan pencapaian organisasi tidak efektif dan efisen.
Metode Penelitian yang penulis gunakan adalah kualitatif dedeskiptif dengan menggunakan teori George C Edward III yang berfokus pada variable – variable penting pada keberhasilan implementasi program, yaitu, Ukuan dan Tujuan, Sumberdaya, dan, Model Anjas Go Clear itu sendiri serta didukung dengan teori triangulasi untuk memperkuat data.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa inovasi Anjas Go Clear (Aplikasi Nomatif Jabatan Struktural Government Clear) di Kota Bogor telah berjalan baik dalam menempatkan pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sehingga tujuan untuk menempatkan pegwai sesuai dengan kualifikasi, kompetensi, dan kinerjanya tanpa adanya intervensi politik dari pemangku kepentingan dapat tercapai. Hambatan yang paling mendalam adalah segi keamanan data kurangnya keamanan data untuk menjamin kerahasiaan data draft susunan pelantikan jabatan structural.

Kata Kunci : Penempatan Jabatan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Aplikasi Normatif Jabatan Struktural Governmet Clear (Anjas Go Clear) Di Kota Bogor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 14 Dec 2022 07:40
Last Modified: 14 Dec 2022 07:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10100

Actions (login required)

View Item View Item