Search for collections on Undip Repository

POLA KADERISASI POLITIK MELALUI SAYAP PARTAI PEREMPUAN ( Studi Kasus Perbandingan Partai Golongan Karya (Golkar)dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem)Kota Semarang ) /81/PEM/2020

Putra, Wahyu Herryansyah and Fitriyah, Fitriyah (2020) POLA KADERISASI POLITIK MELALUI SAYAP PARTAI PEREMPUAN ( Studi Kasus Perbandingan Partai Golongan Karya (Golkar)dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem)Kota Semarang ) /81/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER wahyu herryansyah putra-converted.pdf - Published Version

Download (488kB)
[img] Text
BAB I Wahyu Herryansyah Putra-converted.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text
BAB II Wahyu Herryansyah Putra-converted.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB III Wahyu Herryansyah Putra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV Wahyu Herryansyah Putra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Wahyu Herryansyah Putra.pdf - Published Version

Download (312kB)

Abstract

Partai Politik (parpol) mempunyai posisi dan peranan sangat penting dalam system demokrasi, sehingga rekrutmen dan kaderisasi Partai politik menjadi fungsi strategis dalam membesarkan nama Partai Politik dan meningkatkan jumlah anggota. Kaderisasi politik dilakukan Parpol kepada anggota dan bukan anggota (Harris, 2016). Kepada anggota atau penguatan secara internal dilakukan melalui konsolidasi internal partai, sementara untuk perluasan basis massa pada eksternal partai dapat melalui organisasi sayap (underbow partai politik). Peran organisasi sayap ini sebagai jembatan bagi Parpol untuk menjangkau seluruh golongan masyarakat baik itu pemuda, buruh, perempuan maupun kelompok pekerjaan yang notabene merupakan sumber massa. Peneliti tertarik untuk mengangkat peran sayap partai perempuan pada dua Parpol, yakni Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan yang keduanya punya sayap partai perempuan yaitu Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) dan Garda Wanita Malahayati dari Partai NasDem. Penelitian ini menduga setiap Parpol mempunyai polakaderisasi sesuai dengan sistem pemikiran dan strategi yang dikembangkan oleh masing-masing Parpol.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses kaderisasi anggota partai perempuan yang dijalankan oleh Partai Golkar dan dan Partai NasDem Kota Semarang melalui sayap partai perempuan serta hambatan yang didapatkan. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yangdilakukan yaitu wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kaderisasi tidak berpola, kemudian ditemukan kemiripan dalam proses kaderisasinya, dimana kewenangan fungsi kaderisasi oleh sayap partai perempuan lebih difokuskan pada upaya memperluas anggota, fungsi kaderisasi utama pada Partai Golkar dan Partai NasDem oleh organisasi induk dan kaderisasi oleh sayap partai perempuan sebagai pelengkap tidak terstruktur.Hambatan sayap partai perempuan dalam melaksanakan fungsi kaderisasi berpangkal pada terbatasnya wewenang. Kaderisasi oleh Partai Golkar dan Parta NasDem Kota Semarang, termasuk oleh sayap partaiperempuan berjalan tidak maksimal, sehingga gagal mengantarkan perolehan kursi yang signifikan dan gagal mengantarkan keterpilihan perempuan pada Pemilu Kota Semarang. Penelitian ini merekomendasikan untuk penelitian lanjutan di lokasi yang berbeda.
Kata Kunci: Kaderisasi Politik, Sayap PartaiPerempuan, Partai Golkar. Partai NasDem

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 14 Dec 2022 07:22
Last Modified: 14 Dec 2022 07:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10098

Actions (login required)

View Item View Item