Search for collections on Undip Repository

SINERGITAS PEMERINTAH KOTA SALATIGA DAN STAKEHOLDER DALAM MENJAGA KERUKUNAN UMAT BERAGAMA / 75/PEM/2020

Oktavian, Ryansani and Turtiantoro, Turtiantoro (2020) SINERGITAS PEMERINTAH KOTA SALATIGA DAN STAKEHOLDER DALAM MENJAGA KERUKUNAN UMAT BERAGAMA / 75/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (467kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (654kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
DAFAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemajemukan di kota Salatiga dapat menjadi persoalan krusial yang selalu mengancam persatuan dan kesatuan, karena setiap kelompok kecil kini terbuka peluang mengklaim hak-hak hidup secara layak dan diperlakukan sama tanpa diskriminatif. Semua individu berkepentingan memberikan tafsir pembenaran atas gagasan yang dikehendaki dan dipaksakan kepada kelompok lain dengan cara anarkis. Dengan beragam nya agama,suku,ras dan etnis yang ada di Kota Salatiga tentu menjadi persoalan yang sulit untuk tetap menjaga toleransi dan kerukunan namun Kota Salatiga dapat menujukkan kesanggupan nya dalam menjaga kondusfitas sikap toleransi dan kerukunan antar umat beragama karena rasa menghormati dan menghargai perbedaan antara satu dengan yang lain nya memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Kota Salatiga dan sudah tertanam sejak dulu dibuktikan dengan Kota Salatiga meraih penghargaan kota paling Toleran sebanyak 3 kali, Sukses nya Kota Salatiga menjaga sikap kerukunan dan toleransi umat beragama hingga sekarang tidak lepas dari kompak dan bersatu padunya antara Pemerintah,lapisan Masyarakat Kota Salatiga dalam menjaga kerukunan ini.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini juga diperoleh dari wawancara, observasi dan diperkuat kembali dengan dokumentasi sesuai dengan fokus masalah mengenai Sinergitas Pemerintah Kota Salatiga dan Stakeholder Dalam Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama lokasi penelitian yaitu berada di Kota Salatiga.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa ; Pertama Upaya Pemerintah bersama Stakeholder dalam menjaga kondusifitas kerukunan antar umat beragama di Kota Salatiga dilakukaan melalui program-program maupun kegiatan yang melibatkan dan saling mempertemukan antar lintas agama,suku,etnis dan ras yang di selenggarakan secara rutin. Kedua banyak pihak yang terlibat dan turut berperan aktif dalam terjaga nya kondusiftias kerukunan dan sikap toleransi di kota Salatiga selain dari pemerintah sendiri dari masyarakat sipil,ormas,simpul-simpul keagamaan yang ada di Kota Salatiga saling mendukung dan bersinergi dalam menjalankan dan menyukseskan terjaganya sikap toleransi dan kerukunan yang ada di Kota Salatiga inilah yang menjadi kunci utama terjaganya kerukunan di Kota Salatiga terjalin nya koordinasi dan sinergitas yang baik antara pemerintah dan stakeholder. Ketiga Mengenai permasalahan, hambatan dan tantangan yang dialami oleh Pemerintah Kota Salatiga dalam menjaga sikap toleransi dan kerukunan yaitu berupa kewaspadaan terhadap oraganisasi-organisasi terlarang yang menyebabkan intoleransi dan permaslahan terkait pendirian tempat ibadah.

Kata Kunci: Kerukunan, Toleransi, Umat Beragama, Masyarakat yang kondusif, FKUB

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 14 Dec 2022 06:24
Last Modified: 14 Dec 2022 06:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10090

Actions (login required)

View Item View Item